Pasar Karetan, Contoh Konkret Sinergi Swasta dengan Komunitas

CNN Indonesia | Senin, 19/11/2018 19:19 WIB
Pasar Karetan, Contoh Konkret Sinergi Swasta dengan Komunitas Destinasi Digital besutan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jawa Tengah, Pasar Karetan. (Dok. Kemenpar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Destinasi Digital besutan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jawa Tengah, Pasar Karetan, berhasil melakukan kerja sama dengan salah satu produk industri swasta.

Minuman Hydro Coco produksi Kalbe Farma bekerja sama dengan Pasar Karetan dan membuka Booth di Pasar yang terletak di Kendal, Jawa Tengah, sejak Minggu (18/11/2018).


Kemenpar menginisiasi kerja sama antara pihak industri yang telah di co-branding dengan komunitas. Kerja sama ini diharapkan akan saling menguntungkan dan hasil akhirnya adalah kegiatan matchmaking tersebut.


Asdep Strategi dan Komunikasi Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Hariyanto, yang juga didampingi oleh perwakilan dari GenPi Nasional, media, dan rombongan dari Jakarta itu menilai selama ini Kemenpar telah melakukan co-branding dengan sejumlah industri.

"Kerjasama co-branding yang kita jalin jelas saling menguntungkan, saling membutuhkan. Ini langkah yang luar biasa. Karena, jarang sekali logo atau brand pemerintah diterima swasta dengan terbuka. dan selain itu kami juga bangga sekarang sudah bersama dengan komunitas saling sinergi," tutur Hariyanto.

Head of Kalbe Beverages PT Kalbe Farma Tbk Ronald Unadi juga mengaku senang dengan program matchmaking yang sudah mulai dieksekusi Kemenpar ini. Ronald juga hadir langsung ke Pasar Karetan dan melihat keindahan Pasar yang terletak di Pohon Karet yang luas tersebut.

Menurutnya, saat ini Brand Wonderful Indonesia sudah semakin mendunia.

"Namun salah satu yang paling utama, brand Wonderful Indonesia sudah cukup kuat di dunia internasional. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah penghargaan yang diraih Kemenpar dengan Wonderful Indonesia-nya, jadi kami produk ikut terangkat dengan brand Kemenpar yang semakin mendunia," katanya.


Sedangkan Juragan Pasar Karetan Mei Kristianti mengucapkan terima kasih atas kerja sama ini.

"Pasar Karetan sudah berjalan satu tahun. Banyak dinamika yang kita lalui. Seperti bagaimana kita hatus mengenalkan pariwisata ke masyarakat. Hingga akhirnya kita punya massa, dan follower. Dari situ kita bisa melakukan bisnis. Dan kita sudah siap," tutur Mei.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat mendukung kegiatan ini. Menurutnya, industri dan GenPI bisa menjalin kerjasama yang saling menguntungkan.

"Tahun 2018 ini, saya ingin agar penetrasi brand Woderful Indonesia dan Pesona Indonesia lebih mendalam lagi. Caranya, dengan menjadikannya sebagai brand milik seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Wonderfull Indonesia/Pesona Indonesia harus menjadi "People's Brand". Brand yang dimiliki, dicintai, dan dibanggakan oleh seluruh masyarakat Indonesia," katanya.

Arief meyakini dengan "sense of ownership" dan "sense of proud" yang tinggi terhadap brand Wonderfull Indonesia/Pesona Indonesia, maka akan muncul kesadaran seluruh lapisan masyarakat.

"Kesadaran untuk mengembangkan dan mempromosikan pariwisata Indonesia. Ini sejalan dengan komitmen Pak Jokowi untuk menjadikan pariwisata sebagai core economy bangsa. Karena menjadi pilar ekonomi bangsa, maka sektor ini harus didukung dan dibela oleh seluruh rakyat Indonesia, tak cukup hanya oleh Kemenpar," tutupnya. (egp/stu)