Kapal Wisata di Komodo akan Beroperasi Pekan Depan

ANTARA, CNN Indonesia | Selasa, 20/11/2018 20:53 WIB
Kapal Wisata di Komodo akan Beroperasi Pekan Depan Ilustrasi kapla di perairan Pulau Komodo. (Foto: CNN Indonesia/Silvia Galikano)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapal wisata milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang disiapkan untuk mendukung peningkatan kunjungan wisatawan kawasan wisata Labuan Bajo, Pulau Komodo, dan sekitarnya sudah tiba di Labuan Bajo.

General Manager PT ASDP Cabang Labuan Bajo M Yasin saat dihubungi Antara dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa, mengatakan bahwa kapal itu baru tiba pada Selasa (20/11) siang.

"Kapalnya sudah tiba, dan sedang disiapkan untuk percobaan pelayaran perdana," kata M Yasin, seperti yang dikutip dari Antara, Selasa (20/11).


Yasin mengatakan setelah memulai percobaan pelayaran, kapal itu dijadwalkan langsung diresmikan pada Kamis (29/11).

Kapal tersebut, ia melanjutkan, kemungkinan akan langsung diresmikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Gubernur Nusa Tenggara timur (NTT), Viktor B Laiskodat.

Menurutnya kapal yang diberi nama KMP Komodo itu, akan melayani rute ke sejumlah kawasan wisata eksotis di kawasan Labuan Bajo dan sekitarnya.

"Rutenya untuk sementara dari Labuan Bajo ke Pulau Komodo. Pada intinya pelayanannya ke kawasan wisata yang mempunyai dermaga untuk berlabuh," tambah dia.

Sebelumnya Sekretaris PT ASDP, Imelda Aliani, mengatakan penempatan kapal motor penyeberangan (KMP) itu untuk membantu pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dalam menyiapkan opsi transportasi kepada masyarakat kelas menengah ke bawah, baik nusantara maupun mancanegara.

Selain itu, Imelda melanjutkan, kapal wisata KMP Komodo itu juga membantu masyarakat Manggarai Barat yang tinggal di pulau-pulau kecil yang selama ini kesulitan bepergian, meski sebagian besarnya sudah menggunakan perahu.

Kapal wisata KMP Komodo yang berkapasitas 84 penumpang ini, dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti ruang karaoke, minibar, smoking area, tempat berjemur, reclining seat, dan lazy chair. (agr)