Yuk, Tulis Atraksi Wisata Favorit dan Raih Rp25 Juta

CNN Indonesia | Selasa, 27/11/2018 21:07 WIB
Yuk, Tulis Atraksi Wisata Favorit dan Raih Rp25 Juta Ilustrasi tempat wisata. (Istockphoto/cecepyusna)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ikuti lomba foto dan cerita 10 atraksi wisata dan kuliner pilihanmu, karena karya yang terpilih, berkesempatan memenangkan total hadiah sebesar Rp130 juta lho.

Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi dan Media Don Kardono menjelaskan, lomba dibuka 24 November hingga 10 Desember 2018. Ada dua kategori yang bisa diikuti, yakni 10 Atraksi Wisata Favorit dan 10 Kuliner Favorit.

"Untuk mengikutinya sangat mudah. Silakan gali salah satu dari 10 Destinasi Branding Wonderful Indonesia. Tapi jika ingin mengeksplor lebih dari satu juga boleh," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Selasa (27/11/2018).


Peserta dipersilakan mengikuti salah satu atau kedua kategori lomba sekaligus. Selain itu, peserta wajib menuliskan keterangan foto semenarik mungkin, yang intinya, deskripsi foto harus memberi kesan menyenangkan.


"Peserta bisa ceritakan sensasinya, keistimewaan, lokasi, kelezatan, suasana, dan lain-lain. Pokoknya, bagaimana foto dan tulisan tersebut dapat menggugah atau mengajak yang lain untuk datang menikmati atraksi wisata atau kuliner yang disajikan," terangnya.

Don menegaskan, objek yang bisa diikutsertakan dalam lomba adalah atraksi wisata dan kuliner khusus di 10 Destinasi Branding Wonderful Indonesia. Meliputi Great Bali, Great Jakarta, Great Kepulauan Riau, dan Joglosemar atau Jogja-Solo-Semarang. Selanjutnya ada Bandung, Coral Wonders atau Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat, Medan, Makassar, Lombok dan Banyuwangi.

"Bikin foto-foto terbaikmu, minimal 1 foto untuk 1 objek (10 foto untuk 1 tulisan). Lalu bikin cerita yang menarik minimal 1.000 kata. Foto dan tulisan dimasukkan dalam 1 folder, beri nama pada folder, dan simpan dalam bentuk file zip/ rar," paparnya.

Semua berkas, lanjut Don, bisa dikirim melalui email ke lomba10destinasibranding@gmail.com dengan subjek: judul folder - nama lengkap peserta. Semua foto yang dilombakan wajib diposting di akun Instagram atau Facebook pribadi. Jangan lupa beri judul dan caption singkat.

"Semua postingan wajib disertai hashtag #FotoCerita10DestinasiBranding #Lomba10FotoCeritaDestinasiBanding #Pesona10DestinasiBranding #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia. Jangan lupa follow dan mention Instagram @pesonaid_travel @kemenpar atau Facebook Pesonaid_Travel," bebernya.

Tidak kalah penting dalam caption foto dan cerita, wajib mencantumkan lokasi dan geografis untuk memastikan karya original.

Pemenang diumumkan pada 15 Desember 2018. Akan dipilih enam karya terbaik di masing-masing kategori. Dengan rincian juara pertama berhak atas hadiah uang tunai sebesar Rp 25 juta. Juara kedua Rp 15 juta, juara ketiga Rp 10 juta, dan tiga pemenang harapan masing-masing Rp 5 juta.

"Untuk ketentuan lain atau ada yang kurang jelas, silakan lihat poster di Instagram @pesonaid_travel dan @kemenpar atau Facebook Pesonaid_Travel," kata Don.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menambahkan, pihaknya akan terus menggencarkan promosi pariwisata, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Selain melalui event atau festival, promosi juga dilakukan dalam bentuk digital.


Menurutnya, promosi secara digital menjadi tuntutan zaman, dimana wisatawan masa kini memang cenderung didominasi oleh generasi milenial. Untuk itu, tak dapat dipungkiri, mereka lebih tertarik berkunjung ke destinasi yang memberikan pengalaman atau experience.

"Ini menjadi peluang yang akan kami manfaatkan untuk menjaring wisnus. Karena itu, Kemenpar juga telah menciptakan 100 destinasi digital yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Konsepnya mengacu pada destinasi yang kreatif, dan memiliki spot yang instagramable," tandas Menteri asal Banyuwangi itu. (egp/stu)