Trik Keliling Asia di Bulan Januari

CNN Indonesia | Jumat, 14/12/2018 11:07 WIB
Trik Keliling Asia di Bulan Januari Langit sore kota Jakarta, Indonesia. CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagai sebuah benua, Asia terbilang sangat lengkap karena memiliki hamparan hutan hujan tropis, gurun, hingga tempat yang diselimuti salju. Sayangnya di bulan-bulan tertentu kawasan Asia bakal sangat kering atau sangat basah lantaran pergantian musim, salah satunya di bulan Januari.

Bulan Januari menjadi bulan favorit untuk berwisata karena banyak maskapai penerbangan dan hotel yang memberikan diskon murah, setelah puncak liburan yang terjadi di Natal dan Tahun Baru.

Bagi yang enggan menggigil kedinginan, bulan Januari bisa dibilang bulan yang kurang tepat untuk mengunjungi Jepang dan Korea Selatan, karena dua negara Asia yang populer dikunjungi turis ini sedang dilanda musim dingin.


Sementara itu sebagian kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia dan Indonesia masih berada dalam bayang-bayang angin muson barat dengan curah hujan yang cukup tinggi.

Namun suasana berbeda 180 derajat akan ditemukan di kawasan Asia Selatan seperti India dan Sri Lanka.

Berlibur ke dua negara tersebut di bulan Januari adalah pilihan yang tepat.

Untuk itu sebaiknya pilihlah pakaian yang tepat saat berlibur di Asia pada bulan Januari.

Jangan sampai memasukkan jaket tebal saat berkunjung ke Sri Lanka, atau mengenakan sandal jepit jika ingin ke Jepang.

Mengutip TripSavvy, bulan Januari adalah saat yang tepat untuk mengunjungi beberapa negara di Asia seperti Thailand, Laos, Kamboja, dan Burma.

Cuaca hangat dan tingkat kelembaban yang rendah, sangat menunjang jika ingin melakukan perjalanan ke Angkor Wat.

Tanpa bermaksud mengesampingkan persoalan cuaca, bulan Januari di Asia juga dipenuhi beragam festival seperti Thaipusam (India dan Sri Lanka), Full Moon Party (Thailand), Vietnamese Tet (Vietnam), dan Shogatsu (Jepang).

(agr/ard)