Astari Vernideani Juara Miss Tourism International 2018

Kemenpar, CNN Indonesia | Minggu, 23/12/2018 17:41 WIB
Astari Vernideani Juara Miss Tourism International 2018 Putri Pariwisata Indonesia, Astari Vernideani berhasil memenangkan kontes Miss Tourism International 2018. (Foto: Screenshot via instagram (@astarivern))
Jakarta, CNN Indonesia -- Putri Pariwisata Indonesia, Astari Vernideani berhasil memenangkan kontes Miss Tourism International 2018 dan menjadikan gelar tersebut yang pertama diraih Indonesia sejak pertama kali mengikuti ajang itu pada 2008.

Pada ajang yang digelar di Sunway Resort Hotel & Spa, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (21/12), Astari berada di urutan pertama untuk Top 3 Highest Votes Delegates, disusul oleh Malaysia dan Venezuela.


Miss Tourism Indonesia itu pun berhasil menyisihkan 44 kontestan negara lainnya. Ia juga menyabet Three Subsidiary Title lainnya, yaitu Miss Glowing GloJas, Miss Charming Carlo Rino, dan Miss Aladdin Street Global Ambassador.


"Luar biasa. Selamat bagi Astari Vernideani yang telah menjuarai Miss Tourism International 2018. Ini merupakan kado akhir tahun bagi pariwisata Indonesia," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan tertulis, Minggu (23/12).

Astari sudah mengikuti ajang pemilihan Puteri Pariwisata Indonesia sejak 2015 tapi gagal. Berkat kegigihannya, Astari meraih gelar Puteri Indonesia tahun 2017 dan akhirnya berhasil menyabet gelar Miss Tourism International 2018.

"Terima kasih juga buat anak-anak muda GenPI (Generasi Pesona Indonesia) dan GenWI (Generasi Wonderful Indonesia) yang turut all out mengajak sahabat netizen untuk nge-vote," kata Arief.

Arief juga selalu mengucapkan bahwa satu penghargaan itu dapat memberikan tiga manfaat yang ia sebut sebagai 3C. Pertama adalah confidence
"Bila kita mendapatkan penghargaan, maka self confidence kita akan naik," ujar mantan Dirut PT Telkom ini.

Kedua adalah credibility terkait dengan keunggulan yang dimiliki dan diakui oleh orang lain.


"Yang terakhir adalah calibration. Sebuah penghargaan juga bermanfaat untuk mengira apakah yang kita lakukan sudah benar sekaligus mengetahui posisi kita dibandingkan dengan yang lain," kata dia.


(egp/stu)