Pesanan Hotel di Bintan Melonjak Jelang KasmaRUN 2018

Kemenpar, CNN Indonesia | Minggu, 30/12/2018 22:45 WIB
Pesanan Hotel di Bintan Melonjak Jelang KasmaRUN 2018 Keindahan Bintan. (CNN Indonesia/Gilang Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Daya tarik KasmaRUN 2018 and The New Year Eve Party di Bintan mampu memberikan efek positif, bahkan tingkat pesanan kamar hotel dan apartemen di sekitar lokasi acara pun terjual habis.

KasmaRUN 2018 and The New Year Eve Party akan digelar di Lagoi Bay, Bintan, Kepulauan Riau, pada Senin (31/12). Jelang bergulirnya acara, kamar hotel dan apartemen di sekitar lokasi acara pun penuh. Hingga Sabtu (29/12) sore, sudah ada 972 orang peserta yang melakukan pemesanan.

"Tingkat hunian hotel dan apartemen di Bintan saat ini sangat positif. KasmaRUN ini menjadi salah satu treatment terbaik menghadirkan wisatawan di Bintan. Momentumnya bersamaan dengan tahun baru. Penuhnya tingkat okupansi jadi sinyal positif bagi perekonomian Bintan," ungkap Kadispar Bintan Luki Zaiman Prawira dalam keterangan tertulis, Minggu (30/12).


Memudahkan peserta, kamar hotel dan apartemen pun dijadikan satu paket dengan tiket KasmaRUN. Peserta pun tidak perlu lagi memikirkan lokasi strategis untuk menginap.

Potensi KasmaRUN pun mampu menghasilkan perputaran uang Rp485 juta. Angka tersebut mengacu pada slot 40 persenatau 388 peserta mancanegara.

Didominasi peserta Singapura dan Malaysia, kemampuan spending wisman di Kepulauan Riau berkisar Rp500 ribu hingga Rp1 juta per hari. Lalu, rata-rata lama tingal para wisman berkisar 2,5 hari. Jumlah tersebut akan semakin membesar karena KasmaRUN mampu menarik minat peserta lokal dari luar Kepulauan Riau.


Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa mengatakan KasmaRUN merupakan acara yang menarik.

"KasmaRUN event yang luar biasa. Sebab, mampu menghadirkan minimal 388 peserta mancanegara. Jumlah itu tentu belum dengan keluarganya. Sebab, peserta pasti membawa serta keluarga, kerabat, atau sahabatnya. Sebab, KasmaRUN momen terbaik menyambut pergantian Tahun Baru 2019. Kehadiran mereka tentu bagus bagi perekonomian. Masyarakat bisa menikmati tambahan income," kata Rizki.


Kuatnya arus masuk wisatawan memang tidak lepas dari kemasan KasmaRUN. Sebab,acara ini ramah bagi keluarga dengan tersedianya slot khusus bagi keluarga. Slot juga terbagi dalam 3 kategori, yakni family, single, dan couple. Kiki, sapaan akrab Rizki, menambahkan bahwa KasmaRUN menjadi destinasi terbaik untuk menikmati liburan.

"KasmaRUN adalah event keluarga. Mereka bisa berlari bersama menikmati eksotisnya view di sepanjang track. Setelah berlari, peserta juga bisa menikmati berbagai wahana yang ada di sana. Setelah itu, lalu bersama-sama countdown menuju 2019," kata Kiki.

Untuk mengakomodir kebutuhan keluarga, KasmaRUN juga menawarkan sejumlah destinasi seperti keunikan Rumah Imaji. Sesuai namanya, destinasi ini sarat imajinasi dengan spot foto 3D art. Ada juga Food Gram yang menjadi spot terbaik menikmati kuliner. Destinasi lainnya adalah Latern Park berupa taman lentera instagramable dan Love Lock untuk meletakkan gembok cinta.

Bagi penikmat wisata air, Pantai Lagoi menjadi destinasi terbaik. Pengunjung bisa bermain kayak, jetski, dan snorkling. Jika ingin menikmati sunset penutup tahun 2018, Yeah Cafe merupakan spot terbaik. Pengunjung juga bisa mencoba permainan odong-odong, mini train, dan scooter. Untuk cenderamata, silakan datang ke Plaza Lagoi karena ada beragam produk yang ditawarkan di sana.

Posisi Bintan memang strategis, bahkan dekat dengan Singapura dan Malaysia. Aksesibilitasnya juga mudah, baik melalui udara maupun jalur laut. Untuk jalur laut, ada banyak pilihan ferry dari Singapura dan Malaysia. Begitu juga dengan rute laut dari Batam.

Untuk menambah kemeriahan, KasmaRUN juga akan menghadirkan DJ performance, LED dance, live music, dan flash mob. Acara ini juga akan menebar keseruan melalui games, foam party, colour party, bazaar, laser party, hingga pesta kembang api. Progres positif KasmaRUN itu pun mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata Arief Yahya.

"KasmaRUN memang luar biasa. Keunikannya mampu menghadirkan banyak wisman. Mereka tentu juga sudah besiap menikmati pesta pergantian Tahun Baru 2019. KasmaRUN ini spot terbaiknya karena ada banyak event yang ditawarkan. Silakan berkunjung ke Bintan karena atraksi, aksesibilitas, dan juga amenitasnya terbaik. Enjoy Bintan. Selamat Tahun Baru 2019," ujar Arief. (mle/egp)