Cara Menjelajahi Irlandia dengan Visa Gratisan

CNN Indonesia | Rabu, 09/01/2019 10:02 WIB
Cara Menjelajahi Irlandia dengan Visa <i>Gratisan</i> Irlandia memberikan keistimewaan bagi WNI untuk membuat visa secara gratis. (Foto: REUTERS/Clodagh Kilcoyne)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak sedikit orang yang punya mimpi untuk berwisata benua Eropa, namun sebagian besar terpaksa harus memendamnya karena biaya yang dibutuhkan cukup besar, ditambah proses mengurus visa yang rumit.

Namun kabar baik dari Irlandia, negara yang terletak di seberang Inggris ini rupanya memberikan keistimewaan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) untuk membuat visa secara gratis.

Memang tidak banyak yang tahu ada apa saja di Irlandia, selain Dublin. Padahal Irlandia adalah negara yang memiliki beragam destinasi wisata, mulai dari yang bernuansa urban hingga alami.


Beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi selain Dublin antara lain adalah Pulau Aran yang sebagain penduduk lokalnya masih berbicara bahasa asli Irlandia, Kota Kinsale yang penuh warna, Kota Galway yang berlatar belakang sebuah lembah eksotis, hingga Taman Nasional Connemara atau Killarney.

Untuk yang ingin menjajal keseruan di Irlandia, setiap WNI bisa mengajukan visa Irlandia tipe C. Visa jenis ini berlaku selama 90 hari di Irlandia, jelas waktu yang panjang untuk mengelilingi Irlandia.

Jangan lupa pilih single entry saat proses aplikasi, karena multiple entry hanya akan diberikan untuk orang-orang dengan keperluan khusus seperti pertemuan bisnis ataupun untuk orang yang akan transit di Irlandia.

Prosesnya pun terbilang mudah bahkan tidak serumit untuk mengajukan visa ke negara lainnya, setiap orang yang ingin berkunjung ke Irlandia cukup menyiapkan dokumen seperti paspor yang masih berlaku di atas enam bulan, nomor kontak dan alamat saat berada di Irlandia, fotokopi asuransi perjalanan, pas foto, bukti rekening koran, dan daftar rencana perjalanan selama di sana.

Namun ingat, semua dokumen harus ditulis, dicetak, dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Setelah semua dokumen sudah lengkap, bisa langsung menghubungi Kedutaan Besar Irlandia untuk membuat janji bertemu terkait proses verifikasi dokumen.

Kurang lebih dalam waktu 10 hari, wisatawan akan menerima e-mail terkait aplikasi visa. Jika diterima, maka harus membuat janji lagi dengan Kedutaan Besar Irlandia untuk membubuhkan visa di paspor.

Walaupun demikian, visa ini hanya berlaku di negara Irlandia saja. Sehingga jika ingin 'mampir' ke negara lain, wisatawan harus membuat visa Schengen atau visa Inggris (UK) untuk bisa mengunjungi Irlandia Utara atau negara Eropa lainnya. (agr)