Cara Sederhana Kembalikan Getar Romantis Seperti Dulu

CNN Indonesia | Selasa, 22/01/2019 23:45 WIB
Cara Sederhana Kembalikan Getar Romantis Seperti Dulu Ilustrasi (Pixabay/Olessya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rasa bosan biasanya akan menerpa sepasang suami istri yang telah menjalin hubungan dalam waktu lama. Melalui berbagai hal bersama selama bertahun-tahun membuat semuanya terasa sama saja. Tak ada yang istimewa.

Tak aneh jika kondisi itu memicu rasa bosan. Tak pelak, rasa rindu pada romantisme masa awal hubungan pun bermunculan.

Membiarkan kondisi bosan menetap dalam sebuah hubungan tentu bukan suatu hal yang baik. Ada baiknya jika Anda berusaha untuk kembali memunculkan getar rasa yang sama seperti dulu.


Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda mengembalikan romantisme dalam hubungan.

1. Sejenak menjauh dari gawai
Penting bagi sepasang kekasih atau suami istri untuk menyediakan waktu berkualitas berdua. Namun, waktu berkualitas tak akan berarti apa-apa jika masing-masing di antara Anda berdua terlalu sibuk dengan gawai.

Mengutip Insider, peneliti dari Baylor University, Texas, AS, menemukan bahwa hampir 46 persen pasangan diabaikan akibat ponsel. Kondisi yang dikenal dengan istilah 'phubbed' ini mengakibatkan ketegangan dalam hubungan romantis.

Oleh karena itu, ada baiknya menjauhkan segala macam gawai saat menikmati waktu bersama pasangan. Mengobrol sambil menyeruput teh hangat bisa jadi cara sederhana menghabiskan waktu berdua atau berbincang ke kedai kopi favorit.

2. Kontak mata sesering mungkin
Ada cara sederhana untuk memunculkan romantisme dengan pasangan. Cara itu cukup dilakukan dengan menatap mata pasangan.

Seksolog Noelle Cordeaux menyebut, kontak mata memproduksi sinkronisasi saraf dan melepas hormon bahagia.

"Ini memungkinkan sinkronisasi pelepasan oksitoksin yang membuat pasangan merasakan ledakan fantastis dan merasa lebih baik satu sama lain," ujar Cordeaux, mengutip Bustle.

3. Tidur dalam kondisi telanjang
Meski tak selalu berhubungan dengan aktivitas seks, tidur dalam kondisi telanjang bersama pasangan bisa menunjukkan bahwa Anda menginginkan si dia. Satu aksi ini juga menunjukkan bahwa Anda nyaman bersamanya.

Jenna Ponaman, life coach bersertifikasi menjelaskan, pasangan akan lebih intim dan bersemangat dalam hal seks dengan cara itu. Tak perlu dilakukan tiap malam, tetapi sediakan waktu untuk menjalani sesi ini.

4. Kencan
Saat awal masa pacaran atau pernikahan, kencan jadi hal yang menarik dan menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilakukan. Namun, seiring berjalannya waktu, kencan pun kerap tak terealisasi. Anak dan pekerjaan kadang jadi halangan.

Padahal, kencan tak harus dilakukan setiap waktu. Sekali seminggu pun cukup asal benar-benar dibuat spesial. Studi dari Marriage Foundation menemukan bahwa pasangan yang melakukan kencan sebulan sekali memiliki kemungkinan cerai 14 persen lebih sedikit.

5. Tunjukkan apresiasi
Tak ada salahnya menunjukkan apresiasi terhadap apa yang dilakukan pasangan. "Apresiasi hal-hal yang dilakukan setiap hari yang Anda syukuri," ujar Ponaman. Hal ini akan menjadi sesuatu yang melegakan bagi pasangan.

Untuk menjaga hubungan baik, pastikan pasangan tahu bahwa apa yang mereka lakukan adalah benar. "Akan sangat menyenangkan bila pasangan melakukan sesuatu untuk menyenangkan kita, dan kita ingin itu terus begitu," imbuhnya.

6. Manfaatkan kekuatan aroma
Bukan mitos belaka jika aroma punya kekuatan dahsyat dalam membuat hubungan terasa lebih mesra. Berdasarkan studi, wanita bisa merasa nyaman lewat aroma keringat pasangan.

Aroma-aroma tertentu juga mampu memicu kenangan dan emosi. Jika ingin sisi romantis pasangan terpicu, temukan aroma khusus yang Anda dan pasangan sama-sama sukai untuk digunakan. (els/asr)


BACA JUGA