Pesawat Misterius Parkir Sembilan Tahun di Bandara Spanyol

CNN Indonesia | Jumat, 08/02/2019 12:28 WIB
Pesawat Misterius Parkir Sembilan Tahun di Bandara Spanyol Ilustrasi. (REUTERS/Toby Melvill)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bandara di Madrid, Spanyol, sedang mencari pemilik 'seonggok' pesawat terbang yang terparkir selama bertahun-tahun. Pesawat tersebut bisa dibilang misterius, karena tidak diketahui pemiliknya.

Pihak Bandara Adolfo Suárez Barajas, seperti yang dikutip dari Lonely Planet pada Rabu (6/2), mengatakan kalau pesawat terbang itu tercatat sudah berada di lahan parkir selama sembilan tahun.


Namun mereka tidak mengetahui orang yang memberi izin parkir dan memiliki burung besi tersebut.


Bandara Adolfo Suárez Barajas merupakan bandara tersibuk ke-enam di dunia. Oleh karena itu lahan parkir pesawat terbang yang kosong sangat berharga, sehingga pesawat terbang misterius itu ingin segera dienyahkan.

Diketahui, pesawat terbang itu berjenis McDonnell Douglas MD-87 yang sempat dimiliki oleh maskapai penerbangan pelat merah Spanyol, Iberia.

Pesawat terbang itu jadi terbengkalai setelah Iberia bangkrut dan dua perusahaan yang sempat meneruskan bisnisnya juga bernasib sama.


Direktur Bandara Adolfo Suárez Barajas, Elena Mayoral Corcuera, mengatakan kalau pihaknya menunggu pemilik mengurus pesawat terbang tersebut hingga tiga bulan ke depan.

Jika hingga tahun berganti pemilik juga tak kunjung muncul, maka pemerintah Spanyol akan melelang pesawat terbang tersebut.

Namun pemilik barunya wajib membayar pajak sekaligus biaya parkir yang tertunggak selama sembilan tahun.

Sebelum di Spanyol, kasus pesawat terbang terbengkalai yang sama misteriusnya juga pernah terjadi di Malaysia, tepatnya pada tahun 2015.

Saat itu ada tiga unit pesawat terbang Boeing 747 yang teronggok selama setahun. Salah satunya tak bermesin.

Perusahaan kargo Malaysia, Swift Air, akhirnya mengakui kalau tiga burung besi itu milik mereka yang tak ditinggalkan, namun belum dioperasikan karena masalah surat-surat.

(agr/ard)


BACA JUGA