Menghindari Serangan Burung Camar saat di Pantai

CNN Indonesia | Kamis, 07/02/2019 13:50 WIB
Menghindari Serangan Burung Camar saat di Pantai Burung camar di Sydney kerap menjadi ancaman bagi wisatawan. (Foto: Istockphoto/andresr)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berwisata ke pantai adalah salah satu pilihan populer saat berlibur. Beragam aktivitas, mulai dari yang ringan hingga berat, bisa dilakukan di kawasan pesisir. Seperti berjemur, membaca buku, berlari, hingga surfing.

Hampir tidak ada hal yang mengusik kegembiraan saat berada di pantai, meskipun patut diwaspadai juga beberapa ancaman seperti gelombang tinggi, gempa, dan burung camar. Hal yang disebutkan terakhir mungkin terdengar berlebihan, namun suka tidak suka harus tetap diwaspadai.

Mengutip lonely planet, Kamis (7/2), beberapa waktu belakangan burung camar menjadi ancaman terbesar bagi wisatawan di Sydney. Ancaman ini ditimbulkan karena ulahnya yang kerap mencuri makanan hingga buang air sembarangan, saat wisatawan terpukau menyaksikan gedung opera Sydney.


Demi menjaga kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Sydney, para penjaga pantai pun mengerahkan aning untuk mengusir burung-burung pencuri itu. Upaya tersebut ditempuh dikarenakan burung camar merupakan satwa yang dilindungi oleh undang-undang di Australia.

Biasanya burung camar akan memberikan peringatan sebelum melancarkan serangan. Mengutip somersetlive, burung camar akan mengeluarkan suara hingga terbang mendekat untuk membuat peringatan kepada manusia.

Jika tindakan itu masih diabaikan, maka burung camar baru akan melancarkan serangan. Solusi satu-satunya adalah menghindar.

Untuk menghindari serangan burung camar, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan tanpa harus menyakitinya.

1. Pastikan tidak ada kawanan burung camar jika ingin bersantai di pantai.

2. Jangan sekali-kali memperlihatkan makanan kepada kawanan burung camar yang sedang terbang.

3. Jika sudah diserang, jadikan tangan sebagai tameng untuk melindungi kepala dan wajah.

4. Gunakan payung atau topi untuk menghalau serangan selanjutnya.

5. Berlarilah mencari tempat yang aman untuk berlindung.

[Gambas:Video CNN]


(agr/agr)