Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Mudik Lebaran Tahun Ini

CNN Indonesia | Kamis, 21/02/2019 13:26 WIB
Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Mudik Lebaran Tahun Ini Siluet penumpang kereta Matarmaja tujuan Malang, Jawa Timur, menunggu kedatangan kereta di Stasiun Senen, Jakarta. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari raya Idulfitri masih beberapa bulan lagi. Namun tidak ada salahnya untuk berburu tiket kereta untuk mudik dari sekarang.

Dikutip dari keterangan resmi yang dirilis situs pemesanan akomodasi Pegipegi, jadwal pemesanan tiket kereta untuk mudik pada tahun ini bakal dibuka mulai dari tanggal 25 Februari 2019.

Pemesanan pada tanggal tersebut diperuntukkan untuk keberangkatan tanggal 26 Mei 2019, atau H-10 mudik Lebaran tahun ini.


Head of Business Development & Strategic Marketing Pegipegi, Ryan Kartawidjaja, memprediksi arus mudik Lebaran tahun ini akan ramai mulai tanggal 29 Mei 2019.

Prediksi itu muncul karena tanggal 30 Mei 2019 merupakan tanggal merah, sehingga masyarakat yang ingin menikmati libur lebih panjang bisa memanfaatkan cuti tanggal 31 Mei 2019.

"Sekadar informasi, untuk pemesanan tiket kereta tanggal 29 Mei 2019 atau H-7 Lebaran, masyarakat Indonesia sudah bisa melakukannya pada tanggal 28 Februari 2019 nanti. Biasanya, momen ini juga menjadi ajang rebutan demi mendapatkan tiket kereta," kata Ryan.

"Selain menyediakan rute kereta yang lengkap, Pegipegi juga menghadirkan banyak pilihan diskon. Jadi, segera atur waktu keberangkatan Anda dan catat jadwal pemesanan tiket kereta mudik sebelum terlewat," lanjutnya.

Selain dengan mobil pribadi, pesawat, bus, atau kapal, mudik dengan kereta juga menjadi pilihan sebagian besar masyarakat Indonesia yang enggan terjebak kemacetan lalu lintas.

Ryan lanjut mengatakan kalau berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, tiket kereta untuk mudik biasanya sudah ludes dalam 10 menit sejak pemesanan dibuka, terutama di tanggal-tanggal menjelang hari libur.

Sebenarnya ada sejumlah tips untuk berburu tiket kereta mudik Lebaran. Yang pertama ialah memastikan tanggal keberangkatan dan kepulangan dan mencari tahu kapan pemesanan dibuka.

Perlu diketahui kalau jadwal kereta akan selalu diperbaharui setiap harinya pada jam 00.00 WIB.

Jika masih belum kebagian tiket pada pemesanan pertama, Anda bisa mencobanya lagi sekitar 30 menit hingga 2 jam kemudian.

Biasanya, beberapa tiket kereta yang sudah berhasil dipesan namun tidak berhasil dibayar akan tersedia kembali dan bisa dipesan.

Selanjutnya, pastikan untuk selalu membeli tiket melalui agen resmi agar terhindar dari penipuan. Saat memasukkan data, pastikan informasi yang diketik benar dan sesuai.

Dan yang terakhir, gunakan metode pembayaran yang masuk ke dalam kategori pembayaran cepat, seperti kartu kredit atau internet banking, untuk memudahkan transaksi di tengah malam.

[Gambas:Video CNN]

(agr/ard)