9 Tanda Anak Terkena Bullying

CNN Indonesia | Rabu, 10/04/2019 15:14 WIB
9 Tanda Anak Terkena Bullying ilustrasi bullying (Jedidja/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anak yang mengalami penindasan atau bullying, seperti yang dialami oleh Audrey, remaja di Pontianak, sering kali memendam masalah atau persoalan yang mereka hadapi. Acap kali bullying baru terungkap saat anak sudah mengalami kekerasan fisik yang buktinya terlihat nyata.

Menurut psikolog anak Mira Amir, anak-anak kerap tidak mengetahui cara menangani bullying sehingga cenderung memilih untuk diam. Selain itu, perasaan seperti malu, takut, dan tertekan juga muncul sehingga membuat anak semakin sulit untuk bersuara. 

Peran orang terdekat seperti keluarga penting untuk menyetop dan mencegah bully. Keluarga terutama orang tua mesti mendeteksi atau mengenali tanda-tanda anak yang terkena bully sejak dini.



"Orang tua harus menyadari jika terdapat perbedaan pada anak," kata Mira yang fokus menangani bullying pada anak, kepada CNNIndonesia.com, Rabu (10/4).

Berikut merupakan tanda-tanda anak yang mengalami bully, dikutip dari situs resmi Stop Bullying milik Departemen Kesehatan Amerika Serikat.

1. Memiliki cedera yang tak bisa dijelaskan
2. Barang seperti pakaian, buku, elektronik, atau perhiasan rusak atau hilang
3. Sering sakit kepala atau sakit perut, merasa sakit atau pura-pura sakit
4. Perubahan kebiasaan makan
5. Sulit tidur atau sering mimpi buruk
6. Hilang minat untuk sekolah, nilai menurun
7. Tiba-tiba tidak memiliki teman atau menghindari situasi sosial
8. Rasa percaya diri berkurang
9. Melakukan tindakan yang merusak diri sendiri

Jika anak sudah mulai menunjukkan tanda-tanda ini, Mira menyarankan agar orang tua mulai melakukan pendekatan agar anak dapat terbuka terhadap masalah yang dialaminya. 


Orang tua juga mesti mencari solusi untuk menangani kasus bullying agar tidak berdampak traumatis pada anak, bukan malah memperkeruh suasana dengan memarahi anak.

"Bully itu menimbulkan dampak traumatis sehingga harus ditangani dengan baik," ujar Mira. (ptj/chs)