Kurangi Depresi dengan 3 Jenis Olahraga Ringan

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 06:49 WIB
Kurangi Depresi dengan 3 Jenis Olahraga Ringan Ilustrasi (istock/lzf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Olahraga dapat membantu melawan depresi. Saat aktif bergerak, tubuh melepaskan hormon endorfin yang membantu mengurangi perasaan negatif. Hormon ini juga dapat meningkatkan suasana hati.

Olahraga juga bisa menghilangkan gejala depresi karena dapat membantu untuk berpikir lebih jernih. Beberapa jenis olahraga secara efektif dapat meredakan gejala depresi.

Berikut merupakan tiga jenis olahraga yang secara efektif dapat mengurangi depresi versi ahli dari Mind dan Anytime Fitness.


1. Berjalan di alam terbuka
Lakukan olahraga ringan saat sedang depresi. Aktivitas olahraga berat justru dapat memicu hormon kortisol atau hormon stres. Oleh karena itu, berjalan santai di alam terbuka sangat disarankan bagi orang yang sedang depresi.

"Berjalan-jalan di alam terbuka bisa menjadi cara yang fantastis untuk memerangi depresi," kata kepala pusat kebugaran Anytime Fitness Inggris, Marvin Burton, dikutip dari Cosmopolitan.

Penelitian juga menunjukkan, olahraga di alam terbuka sama efektifnya dengan antidepresan dalam mengobati depresi ringan hingga sedang. Warna, suara, dan aroma di alam terbuka mampu merangsang indera meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi rasa kesepian.

2. Berlari
Berlari merupakan olahraga yang dapat membuat tingkat kebugaran meningkat signifikan. Tingkat kebugaran yang baik mampu melawan depresi.

"Berlari adalah latihan yang sangat bermanfaat di mana Anda dapat dengan mudah melacak kemajuan dan peningkatan," kata ahli dari Mind, Hayley Jarvis.

Berlari juga dapat membuat diri lebih fokus sehingga mengesampingkan gejala-gejala yang dapat memperparah depresi.

3. Olahraga kelompok
Berolahraga bersama dalam sebuah kelompok juga dapat meredakan gejala depresi. Dengan olahraga bersama, diharapkan dapat terjalin interaksi yang dapat membantu mengurangi depresi.

"Memiliki kesempatan berbicara dan bersosialisasi saat berolahraga dapat memberikan manfaat yang besar," kata Burton.

Berolahraga bersama juga lebih menyenangkan dan tidak monoton ketimbang aktivitas fisik seorang diri. (ptj/asr)