Tingkat Kesetiaan Pria dapat Dinilai dari Ekspresi Wajah

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 24/04/2019 09:28 WIB
Tingkat Kesetiaan Pria dapat Dinilai dari Ekspresi Wajah Ilustrasi (Istockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ingin menakar mana pria yang paling setia? Mudah saja, perhatikan wajahnya.

Sebuah penelitian teranyar menunjukkan tingkat kesetiaan pria dapat dinilai hanya dengan melihat wajahnya. Studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Western Austrlia memperlihatkan bahwa baik wanita atau pria dapat mengidentifikasi pria yang berselingkuh hanya dengan menganalisis ekspresi wajah.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Royal Society Open Science ini meneliti lebih dari 1.500 wanita dan pria berusia 18-75 tahun. Para partisipan diberikan foto 189 orang dewasa Kaukasia dengan ekspresi yang netral. Sebanyak 101 diantaranya adalah pria.


Dengan melihat wajah di foto tersebut, partisipan lalu diminta untuk menilai seberapa besar kemungkinan orang itu bakal selingkuh atau tidak setia dalam skala 1-10. Peneliti sudah memiliki data perempuan dan laki-laki yang tidak setia.

Secara keseluruhan, 293 pria dan 472 wanita memberi nilai untuk foto perempuan. Sementara 299 pria dan 452 wanita menilai gambar untuk pria.

Hasilnya, peneliti menemukan wanita dan pria sama-sama dapat mengidentifikasi pria yang tidak setia hanya dengan melihat wajah mereka.

"Kami menemukan akurasi di dalam penilaian kesetiaan melalui wajah pria saat menilai wajah pria dan bukan wanita saat menilai wajah wanita. Pria dan wanita juga menunjukkan akurasi menilai wajah pria tetapi tidak untuk wajah wanita," kata peneliti Yong Zhi Foo dikutip dari The Independent.

Menurut peneliti, hasil ini menunjukkan bahwa kesetiaan pria dapat dirasakan dengan melihat wajah mereka. Sementara pada wanita, kesetiaan jadi sulit terukur karena dipengaruhi oleh kosmetik seperti ekstensi bulu mata dan pembentukan alis.

"Tapi, bagaimana pun juga kita seharusnya tidak mengandalkan kesan pertama kita untuk membuat penilaian diagnostik ketidaksetiaan dalam situasi sehari - hari," ujar Zhi Foo.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)