Bahaya Herpes Genital, Penyakit yang Tak Bisa Sembuh

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 17/05/2019 18:47 WIB
Bahaya Herpes Genital, Penyakit yang Tak Bisa Sembuh Ilustrasi. (Istockphoto/Napadon Srisawang)
Jakarta, CNN Indonesia -- Herpes genital tak dapat disembuhkan. Sekali tertular, penyakit menular seksual itu akan terus bersarang dalam tubuh penderita.

Ahli kulit dan kelamin, Wresti Indriatmi mengatakan bahwa yang bisa dilakukan hanyalah memperkecil faktor risiko.

"Seseorang bisa menghindari hubungan seks dengan orang yang terinfeksi herpes simplex virus (HSV). Hindari pula memiliki banyak pasangan seksual," kata Wresti di Menteng, Kamis (16/5).



Sebuah penelitian melihat jumlah pasangan seksual dengan persentase risiko herpes genital. Seseorang dengan satu pasangan seksual hanya berisiko 2-9 persen tertular.

Sementara seseorang dengan 2-4 pasangan seksual berisiko tertular sebesar 7-19 persen. Selanjutnya 10-22 persen untuk mereka dengan 5-9 pasangan seksual dan 19-37 persen untuk lebih dari 10 pasangan seksual.

Mereka yang sudah terinfeksi, kata Wresti, hanya bisa memperkecil faktor risiko terjadinya kambuhan. Wresti berkata, kekambuhan dengan frekuensi tinggi biasanya terjadi pada tahun pertama dan tahun kedua infeksi.

"Pemicunya stres psikis dan fisik, daya tahan tubuh menurun. Kalau perempuan kadang saat menstruasi dan akibat trauma misal saat melakukan hubungan intim yang dirasa cukup menimbulkan rasa sakit," katanya.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)