Dermaga Apung untuk Pengembangan Wisata Bahari Pulau Roon

ANTARA, CNN Indonesia | Selasa, 28/05/2019 12:40 WIB
Dermaga Apung untuk Pengembangan Wisata Bahari Pulau Roon Ilustrasi objek wisata di Papua Barat. (Foto: Dok. Kementerian Pariwisata)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, akan membangun dermaga apung di Distrik Roon, tepatnya di Kampung Yende dan Menarbu.

Kepala Dinas Perhubungan Teluk Wondama, Bernard Setiawan, mengatakan dermaga apung tersebut dibangun untuk mendukung pengembangan pariwisata di Pulau Roon.

Pulau Roon berada di utara Semenanjung Wandamen Kabupaten Teluk Wondama dan termasuk dalam wilayah Distrik Wasior Utara.


Pemkab Teluk Wondama telah menetapkan program pariwisata terintegrasi untuk Pulau Roon. Menurutnya tahun ini program tersebut akan dimulai.

"Dermaga apung itu untuk tambatan perahu khusus untuk pariwisata. Jadi bahannya dari material ringan yang berwarni-warni biar kelihatan indah karena untuk pariwisata," kata Bernard, seperti yang dikutip dari Antara, Selasa (28/5).

"Kita bangun tahun ini di Yende dan Menarbu, kemungkinan sesudah lebaran baru dimulai."

Untuk di Yende, ia melanjutkan, rencananya dermaga apung akan ditempatkan di sebelah kiri dan kanan dermaga induk yang sudah ada saat ini.

Pembangunan dermaga apung itu diharapkan bisa rampung sebelum penyelenggaraan Festival Pulau Roon (FPR), yang dijadwalkan digelar pada 24 Juli mendatang.

"Kemungkinan dua bulan baru selesai, mudah-mudahan bisa (selesai) sebelum FPR," ujar Bernard menyebut biaya pembangunan bersumber dari APBD 2019.

Dalam rangka pengembangan pariwisata Distrik Roon, semua organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Wondama diwajibkan menyiapkan program dan kegiatan untuk mendukung pembangunan pariwisata di wilayah setempat.

Dengan pola 'keroyokan' diharapkan Pulau Roon yang menyimpan beragam potensi pariwisata mulai dari wisata alam, bahari hingga wisata religi bisa cepat berkembang dan bisa menjadi ikon pariwisata Teluk Wondama.

[Gambas:Video CNN] (agr)