Beberapa JPO di Jakarta yang Instagramable

CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 09:23 WIB
Beberapa JPO di Jakarta yang Instagramable JPO di kawasan elora Bung Karno. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah warga sekitar Jakarta dan luar Pulau Jawa menganggap jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jakarta sebagai lokasi berburu foto.

Hal ini dikarenakan bentuknya yang unik dan menarik untuk difoto, kemudian diunggah ke laman sosial media atau yang akrab disebut Instagramable.

Tahun 2019, tiga JPO di Jakarta telah rampung berdiri kokoh dan cantik, yaitu JPO Gelora Bung Karno (GBK), JPO Bundaran Senayan, dan JPO Polda Metro Jaya.


Tidak jarang ketika melintasi JPO-JPO tersebut terlihat banyak warga yang tidak hanya sekedar melintas namun sibuk berswafoto di dalam JPO.

Foni, seorang warga Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, mengaku untuk menyempatkan berfoto di JPO GBK, karenna JPO-JPO di Jakarta adalah bentuk dari wajah baru Jakarta dan rupanya yang memang cantik untuk berswafoto.

"Saya lihat banyak teman-teman saya banyak yang berfoto disini (JPO GBK), lagi 'booming' sekali, jadi mumpung saya lagi di Jakarta saya harus menyempatkan berburu foto disini," kata Foni, seperti yang dikutip dari Antara, Selasa (25/6).

JPO ini seakan menjadi ikon baru kota Jakarta, tepatnya usai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-492 beberapa hari lalu dengan tema 'Wajah Baru Jakarta'.

Berikut adalah beberapa JPO di JAkarta yang Instagramable.

1. JPO Gelora Bung Karno (GBK)
JPO GBK menggunakan ornamen-ornamen berbentuk segi empat berwarna putih yang dipasang secara spiral.

Pada malam hari, JPO ini akan diterangi dengan lampu berwarna-warni yang menambah kesan artistik bagi pejalan kali yang ingin mengabadikan gambar.

Kerap kali JPO GBK memunculkan warna simbol tertentu, seperti beberapa waktu lalu sempat memancarkan warna Bendera Selandia Baru sebagai bentuk solidaritas terhadap tragedi kemanusiaan di negara tersebut.

Tidak hanya rupanya yang cantik, JPO GBK juga memiliki fasilitas ramah disabilitas yakni berupa lift.

2. JPO Bundaran Senayan
JPO Bundaran Senayan dibuat dengan landasan datar berbahan kayu komposit dan memiliki pegangan berbahan serupa.

Pada sisi kanan dan kiri jembatan berbatas besi warna hitam dan beratap transparan.

Dengan melewati JPO ini, para pejalan kaki dapat menikmati keindahan langit Jakarta dan suasana gedung-gedung pencakar langit di sekitarnya karena atap dibuat transparan.

JPO ini biasanya digunakan masyarakat sebagai penghubung antara JPO dengan halte bus Transjakarta juga menuju area Moda Raya Terpadu (MRT).

3. JPO Polda Metro Jaya
Desain JPO Polda Metro Jaya dibuat lebih artistik menggunakan konsep cincin besi yang seolah-olah melapisi kerangka JPO.

Bila dilihat-lihat, bentuknya mirip dengan sarang lebah, sehingga membuatnya terlihat unik.

JPO ini juga dilengkapi fasilitas lampu RGB (red, green, blue) yakni sejenis lampu sorot yang bisa memancarkan tiga warna, merah, hijau, dan biru secara bergantian. Ada 98 titik pemasangan lampu RGB di JPO Polda Metro Jaya. (ANTARA/agr)