Cara Mencegah Bakteri Mulut Menyebar ke Organ Tubuh Lain

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 02/07/2019 13:16 WIB
Cara Mencegah Bakteri Mulut Menyebar ke Organ Tubuh Lain Ilustrasi. Menyikat gigi dengan baik bisa mencegah bakteri mulut menyebar ke organ lain. (Foto: Istockphoto/nensuria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jangan anggap remeh bakteri jahat yang ada di mulut. Jutaan bakteri di rongga mulut ini dapat menyebar ke organ lain di dalam tubuh, termasuk otak dan dikaitkan dengan beragam penyakit. Mencegah bakteri mulut menjadi pilihan yang harus dilakukan.

Bakteri mulut yang bersifat parasit ini dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes, dan penyakit degeneratif otak, Alzheimer. Studi menunjukkan, ditemukan bakteri mulut di organ jantung pada orang dengan gangguan jantung, bakteri mulut dalam darah pada orang diabetes, dan bakteri mulut di otak pada orang Alzheimer.

Penyebaran bakteri mulut dapat dicegah dengan memperhatikan kondisi kesehatan rongga mulut. Berikut cara yang dapat dilakukan mencegah bakteri mulut menyebar ke organ lain di dalam tubuh.


1. Pasta gigi dengan kandungan fluoride
Gunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride untuk melindungi gigi dari kerusakan akibat plak yang menumpuk. Plak merupakan lapisan tipis bakteri di gigi.

Bakteri di plak menghasilkan asam yang dapat merusak dan menyebabkan gigi berlubang. Jika telah sampai pada bagian saraf, bakteri dapat masuk ke dalam peredaran darah dan menyerang organ lain.

Oleh karena itu, dikutip dari National Institute on Aging, perawatan dengan menggosok gigi rutin dua kali sehari menggunakan pasta gigi ber-fluoride penting dilakukan untuk mencegah bakteri mulut.

2. Teknik sikat gigi
Sisa makanan yang menumpuk di gusi dapat menjadi bakteri yang berbahaya. Bakteri dapat merusak gusi dan membuat gusi berdarah.

Bakteri patogen ini dapat diatasi dengan teknik menyikat gigi yang benar. Anda dapat menggosok gigi dengan gerakan memutar kecil dan maju mundur. Pastikan juga bagian dalam gigi serta langit-langit mulut dibersihkan dengan baik.

3. Benang gigi
Bantuan dari benang gigi dapat membersihkan gigi dan rongga mulut lebih optimal. Benang gigi dapat menjangkau bagian yang sulit dibersihkan jika hanya menggunakan sikat gigi.

Benang gigi bisa membersihkan plak dan sisa makanan di sekat antara gigi yang sangat rapat. Gunakan benang gigi pada setiap sekat atas dan juga bawah.

4. Lidah dan langit-langit
Kesehatan rongga mulut bukan hanya gigi saja. Lidah dan langit-langit juga harus dibersihkan rutin karena dapat menjadi tempat bakteri menumpuk.

Pastikan bagian langit-langit, dan usahakan lidah selalu bersih. Kumur-kumur dapat menjadi salah satu membersihkan bagian lidah dan langit-langit di rongga mulut.

5. Hindari merokok
Merokok meningkatkan jumlah bakteri dalam rongga mulut. Merokok juga meningkatkan risiko penyakit gusi yang juga otomatis meningkatkan risiko penyebaran bakteri dari mulut ke organ lain.

Tidak merokok dapat menjadi salah satu cara menghindari penyebaran bakteri mulut ke organ lain di dalam tubuh, termasuk otak.

Mencegah bakteri mulut juga bisa dilakukan dengan konsumsi makanan yang baik dan bernutrisi tinggi karena dapat membersihkan rongga mulut dengan alami. Kurangi juga konsumsi makanan manis.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)