5 Kelakukan 'Raja Kecil' yang Membuat Sebal Pramugari

CNN Indonesia | Rabu, 10/07/2019 15:58 WIB
5 Kelakukan 'Raja Kecil' yang Membuat Sebal Pramugari Ilustrasi pramugari. (Foto: Istockphoto/andresr)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ungkapan 'pembeli adalah raja' sepertinya banyak disalah artikan oleh penumpang transportasi umum, seperti pesawat terbang.

Sejumlah pramugari dari maskapai Eropa dan Amerika yang diwawancarai oleh Business Insider pada Senin (8/7) mengatakan kalau ada beberapa hal menyebalkan yang sering dilakukan penumpang pesawat.

Di bawah ini sejumlah kelakuan penumpang pesawat yang sering membuat pramugari mengelus dada:



1. Headphone

Penumpang yang tetap menggunakan headphone saat waktu makan dan minum tiba dirasa menyebalkan, karena pramugari harus menawarkan menu berulang hingga penumpang tersebut sadar bahwa sedang ditawari makan dan minum.

Saat waktu makan dan minum tiba hendaknya kita sudah siap dengan menu yang diinginkan.

Kalau tak ingin tidur terganggu waktu makan, bisa meminta pramugari melewatkan bangku kita dan memberikannya di lain waktu.

2. Tidak sabar

Pramugari memang dituntut untuk sabar dalam melayani penumpang. Tapi jika penumpang juga tak bisa menahan sabar, maka pramugari berhak untuk menegurnya demi kedamaian penumpang lain.

Penumpang yang masuk dalam kategori tidak sabaran ini seperti terburu-buru masuk pesawat, memencet tombol panggilan berkali-kali, meminta makanan atau minuman, sampai menyerobot antrean keluar pesawat.

3. Si Jorok

Perlu digarisbawahi bahwa kita hanya menumpang pesawat, bukan tinggal di dalamnya.

Jadi ada baiknya untuk menjaga kebersihan bangku, sehingga pramugari dan petugas kebersihan tak buang waktu hanya untuk membersihkan sampah yang kita tinggalkan di bawah bangku kita.


4. Pindah bangku

Setiap penerbangan mencatat dengan resmi data penumpang sesuai tempat duduknya. Agar keluhan bisa tertangani dengan baik, duduklah sesuai nomor bangku yang didapatkan.

Pramugari juga berhak menegur atau menurunkan penumpang yang enggan duduk di bangkunya.

Kalau ingin duduk di kursi yang lebih nyaman, ada pilihan bangku berbayar yang bisa dinikmati.

5. Si Raja Kecil

Kelakuan penumpang yang enggan mematuhi aturan layaknya "raja kecil" juga membuat pramugari sering kesal.

Penumpang macam ini paling sulit diajak koordinasi, semisal untuk mengenakan sabuk pengaman, menegakkan sandaran kursi, atau mematikan barang elektronik saat pengumuman keselamatan berlangsung.

Anda memang telah membayar mahal tiket pesawat, tapi jangan lupa memahami bahwa pramugari bukan pelayan, namun pemandu keselamatan.

Jika sudah terlalu mengesalkan, pramugari bisa melaporkan penumpang kepada pihak berwajib.


[Gambas:Video CNN] (ard/ard)