Orang Bali Berpotensi Punya Umur Panjang

CNN Indonesia | Rabu, 17/07/2019 05:45 WIB
Orang Bali Berpotensi Punya Umur Panjang Ilustrasi (Foto: ANTARA FOTO/Yusran Uccang)
Jakarta, CNN Indonesia -- Masyarakat Bali dinilai berpotensi memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan daerah lain. Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) yang tinggi di Pulau Dewata menjadi pendorong utamanya.

Hal tersebut didapat dari data IPKM 2018 yang dirilis oleh Badan Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan di Jakarta, Senin (15/7).

Angka IPM Bali menjadi yang tertinggi di Indonesia lantaran banyaknya indikator kesehatan yang memperlihatkan peningkatan. Angka IPKM yang tinggi berkorelasi dengan angka harapan hidup yang tinggi.


"Hasil menunjukkan korelasi kalau positif ada hubungan, IPKM makin baik usia harapan hidup naik," kata Menteri Kesehatan Nila Moeloek, melansir Antara.

Sementara Bali menjadi yang tertinggi, Papua menjadi provinsi dengan angka IPKM terendah.

Angka IPKM dilihat berdasarkan penilaian 30 indikator yang di antaranya kesehatan balita, kesehatan reproduksi, perilaku kesehatan, pelayanan kesehatan, penyakit tidak menular, penyakit menular, pelayanan kesehatan, dan kesehatan lingkungan.

Bali menjadi provinsi dengan IPKM tertinggi lantaran dinilai telah memiliki infrastruktur kesehatan yang baik. Termasuk di antaranya sisi kesehatan lingkungan dan cakupan imunisasi.

"Makin lingkungan kita baik, kesehatan lingkungannya, air bersih dan sanitasi, kalau semua baik hidup kita lebih sehat, semakin panjang usia kita," kata Nila.

Secara nasional, data IPKM 2018 yang diluncurkan Balitbang Kemenkes menunjukkan peningkatan pembangunan kesehatan manusia jika dibandingkan dengan tahun 2013.

Pada 2013, IPKM Indonesia berada di angka 0,5404. Angka tersebut naik pada 2019 menjadi 0,6087.

[Gambas:Video CNN] (Antara/asr)