Jumlah Tanaman yang Tepat untuk Bersihkan Polusi Udara

tim, CNN Indonesia | Selasa, 23/07/2019 07:24 WIB
Jumlah Tanaman yang Tepat untuk Bersihkan Polusi Udara Ilustrasi tanaman (cepris/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana untuk menanam tanaman lidah mertua untuk mengurangi polusi udara ibu kota. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Darjamuni mengungkapkan bahwa lidah mertua ini punya kemampuan menjadi anti-polutan sehingga bisa membantu mengurangi polusi udara.

Namun pada kenyataannya, sebagian besar tanaman memang memiliki kemampuan untuk mengurangi polusi. Fakta bahwa tanaman dapat memberikan efek positif untuk menjaga polusi udara mungkin sedikit menyadarkan banyak orang untuk segera menanam tanaman.

Mengutip Time, salah satu eksperimen terkenal dari NASA yang diterbitkan 1989 lalu menemukan bahwa tanaman bisa membersihkan udara stasiun ruang angkasa dari polusi. Namun, tidak semua orang tahu berapa jumlah ideal yang dibutuhkan setiap ruangnya untuk menghasilkan efek tersebut. 


"Jumlah luas permukaan daun mempengaruhi laju pemurnian udara," ucap mantan ilmuwan peneliti NASA yang melakukan penelitian tersebut, Bill Wolverton.


Hanya saja, Wolverton mengatakan dirinya tidak mampu menebak berapa banyak tanaman yang diperlukan untuk membersihkan ruangan dari kontaminasinya. Menurut dia, setidaknya dua tanaman bisa digunakan untuk membersihkan polusi per 9 meter persegi ruangan. 

"Pakis Boston adalah salah satu tanaman paling efektif untuk menghilangkan polutan di udara, tetapi seringkali sulit untuk tumbuh di dalam ruangan," katanya. 

"Saya biasanya merekomendasikan golden pothos sebagai pilihan pertama saya, karena ini adalah tanaman yang populer dan mudah tumbuh."

Mengutip National Geographic, penelitian lain pada 2009 yang dilakukan peneliti Universitas Pennsylvania melalui tes rumah kaca mengungkapkan bahwa tanaman bisa mengurangi ozon dalam ruangan yang dipancarkan oleh mesin fotokopi dan printer laser.

Melansir dari BHG, penelitian yang dilakukan dengan kerja sama antara ilmuwan Universitas RMIT di Melbourne dengan Plant Life Balance menjelaskan bagaimana jumlah tanaman mampu memengaruhi kebersihan udara dalam suatu ruangan. 

1. Ruangan berukuran empat kali lima meter

- Satu tanaman akan memberikan sedikit kesejahteraan mental dan membersihkan 25 persen udara.
- Lima tanaman akan memberikan 60 persen lebih banyak kesejahteraan mental dan membersihkan udara 75 persen.
- Sepuluh tanaman akan memaksimalkan manfaat kesehatan dan kesejahteraannya.


2. Ruangan tiga kali tiga meter

- Satu tanaman menyediakan 45 persen udara bersih dan sedikit kesejahteraan mental
- Dua tanaman menyediakan hingga 75 persen udara bersih dan 50 persen lebih banyak kesejahteraan mental
- Lima tanaman dalam ruangan ukuran ruangan ini akan memberikan manfaat kesehatan dan kesejahteraan maksimum

3. Ruangan berukuran delapan kali delapan meter

- Sekitar 16 tanaman menyediakan 75 persen udara bersih dan 60 persen kesejahteraan mental yang lebih besar
- Sekitar 32 tanaman akan mencapai manfaat maksimal

Ukuran tanaman juga terbukti penting untuk kemampuannya meningkatkan kualitas udara ruangan.

Total luas daun dan ukuran bola akar harus dipertimbangkan dalam pilihan Anda, jadi cari daun yang lebih besar dan pot yang lebih besar.

Namun benarkah tanaman bisa membersihkan udara?

Tentunya tak semua orang setuju akan pendapat ini.

"Saya tak akan bergantung pada tanaman untuk membersihkan udara dalam ruangan. Untuk mendapat manfaat maksimal, Anda butuh terlalu banyak tanaman," kata John Girman, mantan penasihat sains senior di divisi kesehatan lingkungan AS. (chs)