Satu Sekolah di Taiwan Izinkan Murid Pria Pakai Rok

tim, CNN Indonesia | Selasa, 30/07/2019 07:45 WIB
Satu Sekolah di Taiwan Izinkan Murid Pria Pakai Rok Ilustrasi anak sekolah (stokpic/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagai padanan busana, rok hanya dipakai oleh anak-anak perempuan. Namun sebuah fenomena tak biasa terjadi di Taiwan. Pasalnya salah satu SMA di Taiwan memperbolehkan siswa laki-lakinya untuk memakai rok.

Mengutip Taiwan News, dua minggu usai percobaan dilakukan, SMA New Taipei Municipal Banqiao memutuskan untuk memperbolehkan siswa laki-laki mereka mengenakan rok seragam sekolah. 

Pejabat sekolah menyebut bahwa mereka tidak memaksa siswa laki-laki mengenakan rok. Mereka hanya menghormati kehendak bebas beberapa siswanya. 


Nyatanya hal ini disambut baik oleh juru bicara Kementerian Pendidikan. Dia mengatakan ini adalah pertama kalinya di Taiwan mengambil tindakan yang melanggar stereotip gender setelah proses konsultasi yang demokratis.


Meski adanya kebebasan memilih jenis seragam. Siswa di sekolah Kota New Taipei masih harus mematuhi aturan pemakaian seragam. Baik rok atau tidak, harus berwarna biru tua atau hitam. 

Penggunaan rok juga tidak diperbolehkan jika melebihi 10 sentimeter diatas lutut. Menurut CNA, tidak ada perubahan pada aturan sebelumnya. 

Diskusi mengenai langkah-langkah baru itu dilakukan pada bulan Juni lalu. Anehnya, pejabat sekolah menyebut, perdebatan panjang rok lebih banyak muncul dibandingkan keputusan untuk mengizinkan siswa laki-laki mengenakan rok. (nad/chs)