Studi: Makan Ikan 3 Kali Seminggu Kurangi Risiko Kanker Usus

tim, CNN Indonesia | Senin, 29/07/2019 22:11 WIB
Studi: Makan Ikan 3 Kali Seminggu Kurangi Risiko Kanker Usus ilustrasi ikan (Klinkow/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ikan kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Penelitian terbaru bahkan menunjukkan ikan dapat mengurangi risiko terkena kanker usus. Studi dari University of Oxford, Inggris mendapati makan ikan tiga kali seminggu dapat mengurangi risiko terkena kanker usus.  

Penelitian ini melihat dari dari hasil survei pada pola diet lebih dari 475 ribu orang. Survei itu meneliti asupan semua jenis ikan, mulai dari ikan putih, berlemak, berminyak, dan ikan yang ramping.

Hasilnya, peneliti menemukan orang yang makan ikan secara teratur memiliki risiko terkena kanker usus 12 persen lebih rendah dibandingkan orang yang makan ikan kurang dari satu porsi dalam seminggu. 


Lebih detail, jumlah konsumsi ikan yang dapat mengurangi risiko kanker usus adalah 359,1 gram setiap minggunya. Jumlah ini sama dengan tiga porsi ikan, satu porsi sekitar 100 gram.


Temuan lainnya adalah semua jenis ikan secara umum dapat mengurangi risiko kanker usus. Jenis ikan yang paling mengurangi risiko kanker usus adalah ikan yang berlemak atau kaya akan omega-3. 

Orang yang mengonsumsi 123,9 gram ikan berlemak seperti salmon dan sarden per minggu memiliki risiko 10 persen lebih rendah terkena kanker usus. 

Dikutip dari Metro, ikan yang berlemak dan berminyak mengandung sumber asam lemak tak jenuh ganda. Lemak ini baik untuk melindungi tubuh dari radang. Peradangan merupakan awal mula tercipta kanker.


"Membuat perubahan sederhana pada gaya hidup Anda dapat membantu melawan kanker usus. Termasuk gandum, serat dan ikan dalam diet Anda, dengan berat badan yang sehat, melakukan aktivitas fisik secara teratur, menghindari daging olahan dan membatasi daging merah, semuanya dapat membuat perbedaan nyata," kata Lisa Wilde dari Bowel Cancer UK, organisasi yang mendanai studi ini. (ptj/chs)