5 Perangkat yang Wajib Dimiliki agar Tidak Ngaret

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 13/08/2019 11:31 WIB
5 Perangkat yang Wajib Dimiliki agar Tidak Ngaret Menggunakan ojek online adalah salah satu cara untuk mengatasi kemacetan dan menghindari jadi orang yang ngaret. (Dok. Grab)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berada di lingkungan yang orang-orangnya sering ngaret memang sangat menyebalkan, itu pun bisa menjadi kebiasaan jika didiamkan terus-menerus. Sayangnya, ngaret sering dianggap lumrah karena saking seringnya terjadi. Padahal sebenarnya bukan berarti kebiasaan terlambat tak bisa diubah.

Mengubahnya secara drastis mungkin tak akan bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan dan hanya dalam satu kali percobaan. Alat bantuan di bawah ini akan menolongmu mengurangi risiko datang terlambat apabila diterapkan secara konsisten. Berikut 5 perangkat yang wajib dimiliki untuk mencegah ngaret.


1. Jam beker atau alarm


5 Perangkat yang Wajib Dimiliki agar Tidak NgaretJam beker dilengkapi dengan alarm yang bisa disetel untuk berbunyi pada jam dan menit yang ditentukan. Hampir semua jam weker memiliki tombol untuk menghentikan dering lonceng. (Foto: Pixabay/condesign)

Beker atau alarm perannya memang cukup signifikan. Paling sering, keterlambatan atau ngaret muncul karena telat bangun atau kesiangan. Peranti ini sangat penting bagi Anda susah bangun maupun sering bangun kesiangan agar tetap bisa melaksanakan kegiatan sesuai jadwal.

2. Reminder
Reminder bisa berguna sebagai pengingat hal-hal yang akan dilakukan bahkan pekerjaan yang paling simpel sekalipun. Dengan mencantumkan detail-detail pekerjaan dan memberikan batasan waktu untuk mengerjakan satu agenda secara terus-menerus hingga mengabaikan agenda lain yang harusnya mulai diselesaikan.

Dengan adanya reminder tak akan lagi ada celetukan "ah, tanggung!" atau "dikit lagi nih, bentar". Reminder ini bisa didapatkan dengan mengunduh aplikasi khusus reminder yang bisa berdering secara berkala sesuai jadwal yang telah diatur.

3. Notes

5 Perangkat yang Wajib Dimiliki agar Tidak NgaretMeski terlihat sepele, menulis catatan memiliki manfaat yang besar yakni meminimalisasi hal-hal yang berisiko lupa dikerjakan. (Foto: robarmstrong2/Pixabay)

Notes menjadi salah satu penting agar terhindar dari kebiasaan ngaret. Melalui notes kita dapat memperkirakan mana hala yang akan menjadi prioritas dan mendesak. Sangat penting untuk menuliskan agenda atau kegiatan yang akan dilakukan per harinya. Secara tidak langsung jadwal yang terstruktur akan memberikan estimasi untuk mengerjakannya agar tidak menghalangi kegiatan lainnya. Notes ini dapat berupa buku, kertas, jurnal, maupun notes pada smartphone.


4. Organizer
Rapikan barang-barang yang sering Anda gunakan setiap hari menurut peruntukannya dalam sebuah organizer. Memisahkan barang sesuai kegunaannya akan memudahkan kita ketika mencari barang yang diperlukan. Tak lucu kan ketika sudah siap pergi tapi lupa menaruh kunci mobil, misalnya. Mencari barang akan membuang waktu cukup banyak dan melelahkan.

Hal-hal yang tak diduga seperti ini sebisa mungkin harus dihindari karena dapat mengacaukan jadwal yang telah disusun sebelumnya. Terbayang kan betapa kesalnya telah menyusun jadwal agar tidak telat tapi semuanya sirna saat waktunya habis untuk mencari barang yang entah di mana letaknya.

5. Aplikasi Grab

5 Perangkat yang Wajib Dimiliki agar Tidak NgaretDengan mengunduh aplikasi Grab pada smartphone, kamu bisa dengan mudah mendapatkan tumpangan di mana pun dan kapan pun. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)

Perangkat satu ini begitu memudahkan kita tatkala menjelajah tempat baru. Jumlah driver-nya yang telah banyak tersebar membuat Grab selalu menjadi pilihan. Daripada harus berpindah-pindah kendaraan umum yang menjadikan perjalanan tidak efektif, Grab menawarkan solusi hanya dalam sekali klik. Sebab, opsi kendaraan yang ditumpangi dapat memengaruhi ketepatan waktu kita datang ke suatu acara. Sebelum memilih kendaraan mana yang akan digunakan ada baiknya kita mengetahui medan yang akan ditempuh.

Dengan Grab, driver yang telah berpengalaman mampu membaca medan jalan sehingga akan langsung mengambil jalan pintas saat kemacetan menghadang. Aplikasi jasa antar ini bisa diunduh pada ponsel pintarmu. Selain memberi kita kemudahan mengenai rute, Grab juga dapat membuat kita sampai ke lokasi tujuan tanpa ngaret. Pilihan dasar seperti di atas mungkin terlihat sepele namun dapat mengurangi risiko datang ngaret.

Dari semua perangkat tersebut, rasanya tak akan bekerja secara maksimal apabila tidak ada niatan yang benar-benar ingin berubah dari dalam diri. Keteguhan hati untuk menghargai waktu tetaplah menjadi kunci utama agar terhindar dari keterlambatan. Bagi Anda yang ingin berubah ada baiknya mulai mencoba melakukan hal-hal sederhana seperti di atas mulai dari sekarang.

(dib/fef)