5 Trik Membiasakan Diri Agar Enggak Sering Ngaret

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Minggu, 11/08/2019 20:15 WIB
5 Trik Membiasakan Diri Agar Enggak Sering Ngaret Ilustrasi #AntiNgaret (Foto: Dok. Grab)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjadi pribadi yang sering terlambat tidak akan membuat dirimu merasa nyaman melakukan kegiatan apa pun. Mulai dari persiapan dan perjalanan yang dilakukan dengan gugup dan tergesa-gesa, hingga dianggap sebagai orang yang tidak profesional oleh teman sekantor.

Jika ngaret itu sudah melekat dan kamu sulit menghilangkannya maka yang kamu perlukan adalah melatih diri untuk terbebas dari kebiasaan tersebut. Menjadi orang yang tepat waktu membutuhkan sedikit penyesuaian pola pikir dan sikap. Kebiasaan kamu yang suka ngaret ini akan hilang jika kamu terus melakukan hal-hal berikut.




1. Ketahui alasan untuk tepat waktu

5 Trik Membiasakan Diri biar Nggak Sering NgaretBuat alasan yang jelas agar memotivasimu melakukan perubahan sikap menjadi orang yang tepat waktu. (Foto: robarmstrong2/Pixabay)

Untuk menciptakan kebiasaan baru, kamu harus memiliki alasan yang jelas mengapa kamu ingin membangun kebiasaan #AntiNgaret. Tak perlu banyak-banyak, asal alasan itu konkret untuk menerapkan kebiasaan baru maka dorongan diri untuk berubah akan semakin kuat. Kemungkinan besar, kamu mampu membalikkan kebiasaan itu agar terus melekat dalam diri kamu.

Duduklah dan lakukan refleksi. Tanyakan pada diri sendiri apa yang ingin diperoleh untuk menghilangkan kebiasaan ngaret dan ingin menerapkan kebiasaan baru untuk tepat waktu. Kamu bisa menuliskan beberapa kalimat seperti "Tepat waktu akan membantumu mengurangi stres" atau "Tepat waktu juga dapat digunakan untuk memberi tahu atasan bahwa kamu adalah sosok yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan."



2. Mengatur keperluan pada malam hari
Jika kamu adalah orang yang sulit untuk berangkat pagi hari, pastikan kamu sudah mengatur semua keperluan pada malam sebelumnya. Menyiapkan pakaian yang akan digunakan, kunci kendaraan, dompet, sepatu, maupun perlengkapan lainnya. Sehingga ketika bangun di pagi hari, kamu hanya perlu menyiapkan sarapan dan mengambil barang-barangmu, setelah itu pergi.

3. Belajar untuk memperkirakan waktu dengan baik

5 Trik Membiasakan Diri biar Nggak Sering NgaretKamu harus tahu estimasi waktu pekerjaan yang akan dilakukan atau jarak perjalanan yang ditempuh, bila perlu beri waktu ekstra untuk mengantisipasi macet. (Foto: Unsplash/Pixabay)

Untuk menghilangkan kebiasaan ngaret, belajarlah untuk memperkirakan berapa banyak waktu yang dibutuhkan. Jika kamu merasa kesulitan, gunakan aplikasi pengatur waktu seperti RescueTime untuk memonitor durasi menyelesaikan tugas-tugas. Catat waktu tersebut, gunakan catatan itu untuk memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk tugas serupa.

4. Jadwalkan acara 10 menit lebih awal
Setiap kamu ingin datang pada suatu acara, usahakan kamu harus datang lebih awal dari waktu yang telah ditentukan. Misalnya kamu memiliki janji pukul 09.00, maka kamu harus sudah sampai di tempat pukul 08.50. Waktu 10 menit yang kamu miliki bisa digunakan untuk bersiap-siap, melakukan hal konstruktif lainnya, atau menjadi waktu antisipasi jika dalam perjalanan kamu terjebak macet. Hal ini juga dapat membuat orang menghormatimu karena sudah datang tepat waktu.

5. Atur pengingat

5 Trik Membiasakan Diri biar Nggak Sering NgaretAtur reminder pada telepon genggammu agar tidak melupakan hal atau melewatkan momen-momen penting. (Foto: JESHOOTS/Pixabay)


Jika kamu orang yang pelupa, wajib bagimu untuk mencatat semua jadwal yang akan dikerjakan. Kamu bisa menggunakan pengingat yang ada di smartphone dan atur pengingat satu jam sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa merencanakannya sebelum kegiatan dilakukan.

Nah, kelima hal di atas jika dilakukan secara perlahan dan rutin, besar kemungkinan akan mengubah kebiasaan ngaretmu menjadi orang yang lebih menghargai waktu.

Meski terkenal dengan budaya ngaret, enggak semua orang Indonesia itu senang terlambat. Masih banyak orang-orang yang datang tepat waktu dan sangat menghargai ketepatan waktu. Biasanya orang-orang ini sangat kesal dengan orang yang suka ngaret karena dianggap tidak menghargai waktu dan usaha orang lain.

Untuk para pejuang #AntiNgaret, kamu gak perlu khawatir lagi karena GrabBike hadir untuk membantu kamu mengejar berbagai hal yang berarti bagi kamu, setiap harinya!

Sebelum itu, buat kamu yang suka ngaret, yuk mulai lebih menghargai diri sendiri dan orang lain dengan menjadi orang yang lebih tepat waktu! Nantikan informasi lebih lanjut mengenai program #AntiNgaret persembahan GrabBike, atau kunjungi Instagram Grab, @GrabID.



(fef)