Perjalanan Curiosity 7 Tahun Menjelajah Mars

tim, CNN Indonesia | Rabu, 07/08/2019 06:50 WIB
Perjalanan Curiosity 7 Tahun Menjelajah Mars Rover Curiosity sudah menjelajah Mars selama 7 tahun. (NASA/JPL-Caltech/MSSS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Curiosity Rover milik NASA telah menempuh perjalanan panjang sejak pertama kali mendarat di Mars pada 5 Agustus 2012 atau 7 tahun yang lalu. Benda berukuran sebesar mobil ini merupakan alat penjelajah yang digunakan untuk mencari tahu bagaimana kondisi lingkungan di Mars.

Kini, Curiosity Rover telah berhasil menemukan sejumlah fakta menarik tentang planet Mars. Saat ini Curiosity tengah menjelajahi salah satu sisi Mount Sharp, di dalam Kawah Gale.

Wilayah tersebut diyakini sebagai bekas danau yang kering. Alat penjelajah ini telah menempuh total perjalanan sepanjang 21 kilometer dan naik sejauh 368 meter untuk mencapai titik saat ini. 
 
Dikutip Space.com, Curiosity juga mendeteksi adanya metana di udara Kawah di Gale. Metana merupakan senyawa yang dihasilkan oleh mikroba dan makhluk hidup lainnya.


Walaupun demikian, metana yang ditemukan di Mars tidak menunjukkan adanya tanda-tanda kehidupan. Senyawa tersebut bisa saja terbentuk dari hasil reaksi antara air panas dengan bebatuan yang ada permukaan Planet Merah tersebut. 

Tak hanya itu, penemuan lain yang berhasil didapatkan Curiosity Rover ini yaitu Mars memilki sejumlah sungai dan danau jutaan tahun yang lalu. Menurut firstpost.com, sebuah sampel yang didapat dari hasil pengeboran menemukan mineral tanah liat dan garam.

Temuan tersebut membuktikan bahwa pernah ada air yang dapat diminum mengalir di Mars. 
 

Walau telah berhasil menemukan sejumlah fakta tentang planet Mars, Curiosity Rover ternyata juga pernah memiliki gangguan, salah satunya yakni gangguan memori dan gangguan pada alat bor yang biasa digunakan untuk mengebor bebatuan. 

Selanjutnya dalam beberapa tahun ke depan akan ada dua alat penjelajah baru di Mars yaitu Mars 2020 rover dan ExoMars milik Eropa-Rusia yang dijadwalkan akan mendarat pada Februari 2021 mendatang. (ndn/age)