Rumah Terlilit Akar Jadi Objek Foto Populer di Dalat

CNN Indonesia | Rabu, 28/08/2019 20:33 WIB
Rumah Terlilit Akar Jadi Objek Foto Populer di Dalat Crazy House di Dalat, Vietnam. (Courtesy Crazy House)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aneh sekaligus unik, adalah dua kata yang bisa menggambarkan Crazy House di Dalat, Vietnam. Berada di kawasan pegunungan selatan Vietnam, tempat penginapan ini sedang populer di kalangan wisatawan.

Bernama Hang Nga Guesthouse, tempat penginapan ini berarsitektur surealis. Tembok luarnya dililit akar pohon liar dan interiornya menggambarkan dunia bawah laut.

Tentu saja penginapan ini nampak kontras dengan rumah-rumah bergaya kolonial Prancis yang memenuhi kawasan Dalat.



Dibangun oleh Dang Viet Nga (79), ia bertujuan mewujudkan imajinasinya mengenai gambaran alam liar saat merancang rumah ini.

Dang, yang merupakan profesor arsitektur lulusan universitas di Moskow, Rusia, mengatakan kalau dirinya jatuh cinta dengan panorama Dalat yang asri sebelum akhirnya memutuskan menetap sejak tahun 1983.

Setelah bekerja untuk pemerintah untuk membangun hunian warga yang lebih layak di Dalat, ia akhirnya terpikir membangun tempat penginapan ini pada tahun 1990.

Tak membuat map biru seperti yang biasa arsitek lakukan, Dang melukis bentuk Crazy House sebagai panduan membangun rumah.

Rumah Terlilit Akar Jadi Objek Foto Populer di DalatPemandangan interior. (Courtesy Crazy House)


"Dengan melukis saya bisa menggali imajinasi lebih luas untuk properti ini," katanya seperti yang dikutip dari CNN Travel pada Rabu (28/8).

Penginapan ini memiliki 10 kamar yang bisa disewa tamu. Ruangan dalam rumah ini disisipi pepohonan besar yang tumbuh di sekitarnya.

"Pesan yang ingin disampaikan lewat rumah ini adalah menghubungkan kembali alam dengan manusia," kata Dang.

Saat ini Dang sedang merancang dua taman, Land Garden dan Sky Garden, dan rumah pohon dalam propertinya.

Sama seperti Antoni Gaudi, Dang merasa kalau karyanya tidak akan pernah selesai dan ia akan terus membangun properti yang unik.

Informasi penginapan: Crazy House, Số 3 Đường Huỳnh Thúc Kháng, Phường 4, Thành phố Đà Lạt, Lâm Đồng, Vietnam; +84 263 3822 070


[Gambas:Video CNN]

(vvn/ard)