Penyebab dan 9 Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Tim, CNN Indonesia | Senin, 14/09/2020 12:40 WIB
Kebiasaan mengelupas bibir hanya akan menambah iritasi dan makin kering. Berikut cara aman dan mudah mengatasi bibir kering pecah-pecah tanpa membuatnya lecet. Kebiasaan mengelupas bibir hanya akan menambah iritasi dan makin kering. Berikut cara aman dan mudah mengatasi bibir kering pecah-pecah tanpa membuatnya lecet. (Foto: Istockphoto/Tetiana Mandziuk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bibir pecah-pecah adalah kondisi yang umum terjadi ketika bibir sangat kering. Gejala bibir pecah-pecah antara lain permukaan bibir yang terasa kering, mengelupas, permukaan kasar bersisik. Bahkan bagi sebagian orang akan mengalami iritasi seperti luka, berdarah.

Gejala tersebut tentu akan terasa menyiksa dan mengganggu penampilan. Oleh karenanya, ketahui cara merawat dan mengatasi bibir pecah-pecah agar kondisinya tak memburuk hingga iritasi.


Penyebab bibir kering dan pecah-pecah

Bibir tidak mengandung kelenjar minyak seperti bagian kulit lainnya, sehingga akan lebih rentan kering dan pecah-pecah. Kurangnya kelembapan dapat memperburuk kondisi bibir, entah itu karena cuaca terlalu dingin atau terlalu panas dan kurangnya perawatan.


Terlalu sering terpapar sinar matahari maupun terlalu lama berada di ruangan ber-AC rentan membuat bibir kering dan pecah-pecah.

Selain itu, penyebab umum yang dapat memperparah kondisinya adalah kebiasaan menjilat bibir. Air liur dari lidah memang membasahi sementara, namun justru dapat menghilangkan kelembapan alami bibir yang bisa memicu bibir kering.

Setiap orang bisa mengalami bibir pecah-pecah, terutama apabila memiliki kulit kering. Meminum atau mengoleskan obat-obatan tertentu juga dapat meningkatkan risiko bibir pecah-pecah seperti vitamin A, retinoid, lithium (untuk mengobati gangguan bipolar), obat kemoterapi.

Bahkan kondisi dehidrasi, kurang nutrisi, dan panas dalam cenderung meningkatkan risiko bibir pecah-pecah. Kondisi tersebut bisa makin memburuk jika Anda tidak segera merawat bibir.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut yang bisa dilakukan untuk merawat dan mengatasi bibir pecah-pecah yang bisa dilakukan di rumah agar bibir menjadi sehat kembali.

1. Minum banyak air

Perbanyak minum air putih untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah (Foto: tookapic/Pixabay)

Faktor paling umum yang membuat bibir terasa kering dan pecah-pecah adalah dehidrasi. Ketika bibir mulai terasa kering, itu berarti tubuh sedang memberikan sinyal kekurangan cairan.

Maka dari itu, selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh sebelum tubuh dehidrasi. Pastikan mengonsumsi air putih setidaknya delapan gelas sehari. Dengan demikian, Anda akan terhindar gejala dehidrasi sekaligus bibir pecah-pecah.

2. Mengatasi bibir pecah-pecah dengan mengoleskan pelembap

Lipstik mengandung banyak bahan kimia yang bisa membuat bibir semakin kering. Sebaiknya sebelum mengoleskannya, lapisi dulu dengan lipbalm atau pelembap bibir agar bibir tidak pecah-pecah (Foto: BreakingPic/Pexels)

Cara paling cepat mengatasi bibir pecah-pecah adalah mengaplikasikan pelembap bibir. Sebaiknya pelembap bibir yang dipilih mengandung bahan-bahan alami seperti kelapa dan minyak almond, vitamin E, dan antioksidan yang berfungsi menjaga kelembaban bibir.

Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, terutama seiring bertambahnya usia. Oleskan lip balm setidaknya mengandung SPF 15 sebelum menuju pergi dan beraktivitas di luar ruangan maupun sebelum memakai lipstik.

Pilihlah pelembap bibir yang dikemas dalam bentuk salep. Sebab, pelembap bibir dalam kemasan pot dapat berisiko meningkatkan kontaminasi kuman. Gunakan pelembap bibir sesering mungkin sekitar enam sampai delapan kali sehari.


3. Lidah buaya


Aloe vera berkhasiat menenangkan bibir yang perih akibat pecah-pecah (Foto: sarangib/Pixabay)

Lidah buaya dikenal memiliki sifat anti-inflamasi alami yang membantu menenangkan dan menghilangkan sensasi menyengat. Lidah buaya juga membantu dalam melembapkan dan menjaga kulit tetap lembut.

Oleskan gel atau daging dari daun lidah buaya segar ke bibir untuk memberikan sensasi dingin dan menenangkan rasa perih akibat bibir pecah-pecah.

4. Lemon

Vitamin C yang terkandung dalam lemon mampu berfungsi sebagai eksfoliasi alami untuk mengatasi bibir pecah-pecah. (Foto: miradeshazer/Pixabay)

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam lemon sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk untuk merawat bibir. Ini karena lemon bermanfaat mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada bibir yang pecah-pecah.

Tapi perhatikan dulu kondisi bibir, jangan mengaplikasikan cairan lemon ke permukaan bibir yang lecet karena akan memperparah iritasi. Jika bibir tak ada luka atau tak ada rasa perih, mengoleskan air perasan lemon langsung ke bibir yang pecah-pecah aman dilakukan. Terapkan ini dua kali sehari agar hasilnya maksimal.

5. Madu

Perawatan madu dapat mengobati bibir kering pecah-pecah sekaligus membuat warnanya merona (Foto: stevepb/Pixabay)

Madu dapat menyeimbangkan kelembapan bibir sehingga tidak mudah kering dan pecah-pecah. Cukup oleskan madu ke bibir yang kering. Bisa juga dikombinasikan dengan lemon untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan dan tanin yang membantu menyembuhkan kulit kering dan bibir pecah-pecah.

Gunakan daun teh hijau yang telah direndam sebelumnya sebagai masker bibir untuk mengurangi sensasi terbakar yang rentan terjadi karena bibir pecah-pecah.

7. Minyak

Minyak zaitun atau olive oil baik untuk menjaga kesehatan, meremajakan, serta menghilangkan hiperpigmentasi pada bibir (Foto: stevepb/Pixabay)

Hampir semua jenis minyak seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak jarak dapat dimanfaatkan sebagai pelembap bibir dan kulit. Masing-masing minyak tersebut mengandung asam lemak sehat yang dibutuhkan bibir sehingga membuat bibir menjadi lembut dan terhindar dari kering.

Minyak juga mencegah infeksi, terutama jika bibir kering dan pecah-pecah sangat parah yang menyebabkan celah luka di bibir.

Menambahkan minyak esensial, seperti minyak pohon teh (tea tree oil) atau minyak biji anggur, bisa mempercepat proses penyembuhan bibir kering.

8. Jauhkan bibir dari bahan berkandungan keras

Hindari mengaplikasikan sabun di daerah bibir karena akan memperparah kondisi bibir pecah-pecah (Foto: Bill Branson/Wikmedia Commons)

Jika Anda mencuci wajah dengan sabun jerawat, berhati-hatilah saat mengaplikasikannya dan hindari area bibir. Selain mempercepat keringnya kelenjar minyak, pencucian ini sering membuat kering dan iritasi pada kulit bibir yang halus.

Selain itu, jauhkan bibir dari tisu pembersih beralkohol yang bisa menyebabkan bibir semakin kering dan pecah-pecah. Untuk membersihkan area bibir dan bekas lipstik, Anda bisa menggunakan mengoleskan pelembap atau minyak kemudian lap dengan tisu kering.

9. Scrub bibir

Ketimbang mengelupas kulit kering bibir dengan jari, lebih baik gosok dengan menggunakan scrub eksfoliasi khusus bibir karena kandungannya aman dan tidak berisiko menambah iritasi bibir (Foto: Istockphoto/Voyagerix)


Tidak peduli seberapa gatalnya tanganmu ingin mengelupasnya, jangan paksa bagian kering dan pecah-pecah dicabut menggunakan jari atau kuku. Mengelupas bibir kering hanya akan meninggalkan luka yang membuatnya perih dan iritasi.

Sebagai gantinya, pilihlah scrub pengelupas bibir berbahan lembut untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

Bisa juga membuat scrub bibir sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Bahan-bahannya antara lain satu sendok gula (bisa menggunakan gula putih, brown sugar, atau gula kelapa) dan campurkan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa secukupnya hingga menjadi pasta.

Gosok permukaan bibir menggunakan scrub buatan sendiri dengan lembut. Jika dirasa kulit bibir yang kering sudah terangkat, bilas dengan lap dan air bersih.

Sudah memilih cara mengatasi bibir pecah-pecah yang akan dilakukan di rumah? Selalu ingat untuk banyak-banyak minum air putih dan beri perawatan khusus agar bibir tak terus-terusan kering pecah-pecah sehingga mengganggu penampilanmu, ya.

(paz/fef)


BACA JUGA