NYALANG: Syair Nestapa Ibu Bumi

AP & AFP, CNN Indonesia | Sabtu, 28/09/2019 11:21 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam foto-foto unik pilihan CNNIndonesia.com pekan ini, ada ikan-ikan mati di Yunani dan aksi demonstrasi menyuarakan kerusakan lingkungan.

Seorang demonstran yang menyuarakan keselamatan hutan Amazon tampil dalam suatu aksi protes di Brasilia, Brazil. (AP Photo/Eraldo Peres)
Orangutan bernama Sandra berdiri di atas bekas kebun binatang di Buenos Aires, Argentina. Orangutan berusia 33 tahun yang tak memiliki pasangan ini akan dipindahkan ke Amerika Serikat.  (AP Photo/Natacha Pisarenko)
Ikan-ikan mati terlihat di Danau Koroneia di Yunani bagian utara. Ribuan ikan mati karena ketinggian air menurun hingga kurang dari satu meter sehingga oksigen pun berkurang. (AP Photo/Giannis Papanikos)
Harald Wenske membawa gerobaknya yang berisikan labu melewati suatu selokan di desa Lehde di Spreewald, hutan Spree, dekat Berlin. (Patrick Pleul/dpa via AP)
Anggota tim Takwondo Korea Selatan tampil saat PM Bulgaria Boyko Borisov berkunjung ke Kukkiwon, markas besar akademi dunia taekwondo di Seoul, Korea Selatan. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Pada suatu hari yang terik di kota Roma, Italia, para wisataman berjalan di jembatan Sant'Angelo yang menuju kastil Sant'Angelo atau dikenal juga dengan nama Mausoleum Hadrian. (AP Photo/Andrew Medichini)
Di luar suatu butik di Santiago, Chile, para demonstran ambil bagian dalam aksi protes global menyuarakan soal kerusakan lingkungan. (AP Photo/Esteban Felix)
Bayangan peternak Benito Morena yang tengah berjalan di peternakannya terpantul pada suatu kaca. (AP Photo/Esteban Felix)
Orang-orang berjalan di antara gambar peta China dan juga bendera nasional yang dibentuk oleh bubuk cabai kering di Zhangye, China. Paa petani merayakan 70 tahun berdirinya Republik Rakyat China. (Photo by STR / AFP)
Seorang perempua melihat instalasi seni Chiharu Siota berjudul