Menangis Ternyata Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

tim, CNN Indonesia | Senin, 30/09/2019 09:51 WIB
Menangis Ternyata Bisa Bantu Turunkan Berat Badan ilustrasi menangis (Istockphoto/monkeybusinessimages)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jangan dulu beranggapan kalau Anda adalah seseorang yang cengeng gara-gara mudah menangis saat nonton film Korea atau film sedih lainnya. Menangis adalah reaksi alamiah saat seseorang merasa sakit, sedih, bahagia, atau stres.

Semua orang berhak menangis dan meneteskan air mata.

Dokter Aaron Neufeld dari Los Altos Optometric Group mengungkapkan ada tiga jenis air mata yang disebut air mata basal, reflex, dan psikis.


Air mata basal dianggap sebagai air mata fungsional dasar karena bertugas membuat mata jadi lembap. Air mata refleks atau disebut juga sebagai air mata iritasi disebabkan oleh stresor lingkungan seperti embusan angin, asap, atau debu. Sementara air mata psikis adalah air mata yang keluar terkait dengan perasaan dan emosi seseorang.


Namun alih-alih cengeng, sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa tangisan emosional akan membantu Anda menurunkan berat badan. Kok bisa?

Mengutip Asia One, hal ini bisa terjadi karena berkaitan dengan hormon yang meningkatkan kadar kortisol yang diinduksi ketika Anda menyimpan emosi.

Tak cuma itu, William Frey bahkan menemukan bahwa air mata keluar karena Anda merasa stres bisa menghilangkan banyak zat beracun dari tubuh. Hal ini membuktikan bahwa menangis adalah sebuah proses ekskretoris yang bisa menghilangkan zat racun dari tubuh yang menumpuk saat merasa emosional.


Hanya saja jika ingin mendapatkan manfaat menurunkan berat badan, maka satu-satunya tangisan yang efektif adalah tangisan yang disebabkan oleh masalah emosional. Selain itu, ilmuwan juga menyarankan untuk menangis dari pukul 19.00-22.00 karena ini adalah waktu terbaik untuk bisa menangis karena khusyuk nonton film sedih atau menangisi kandasnya hubungan Anda dengan si dia. (chs)