Kenali Ragam Jenis Meningitis

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 15/10/2019 16:42 WIB
Kenali Ragam Jenis Meningitis Ilustrasi. Ada beberapa jenis meningitis yang perlu diketahui. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi Ashanty pernah didiagnosis mengidap penyakit meningitis. Ada beberapa jenis meningitis yang perlu Anda diketahui.

Meningitis merupakan infeksi radang selaput pada bagian otak. Meningitis dapat terjadi ketika cairan di sekitar meninges (selaput membran yang melapisi sistem saraf pusat) terinfeksi.

Virus dan bakteri menjadi penyebab paling umum meningitis. Selain keduanya, sel kanker, iritasi kimia, jamur, dan alergi obat juga diduga memicu peradangan pada selaput membran.


Gejala meningitis sendiri beberapa di antaranya berupa demam, sakit kepala, leher kaku, lesu, mual dan mudah, dan nafsu makan menurun. Pada meningitis yang disebabkan bakteri umumnya disertai pula dengan area kulit berwarna ungu yang menyerupai memar.

Berikut beberapa jenis meningitis yang perlu Anda ketahui, mengutip Healthline.

1. Meningitis virus
Meningitis virus adalah yang paling umum dan menyebabkan 85 persen kasus. Meningitis virus lebih umum terjadi selama musim panas. Penyakit ini umumnya bisa hilang tanpa pengobatan.

2. Meningitis bakteri
Meningitis ini disebabkan oleh infeksi bakteri tertentu dan bersifat menular. Jika tidak ditangani, kondisi ini akan berujung fatal. Sebanyak 5-40 persen kasus pada anak dan 20-50 persen kasus pada orang dewasa berujung kematian.

Beberapa jenis bakteri penyebab di antaranya Streptococcus pneumoniae (umum ditemukan di saluran pernapasan), Neisseria meningitidis (menyebar melalui air liur dan cairan pernapasan lainnya), Haemophilus influenza, Listeria monocytogenes, dan Staphyloccys aureus (umum ditemukan pada kulit dan saluran pernapasan).

3. Meningitis jamur
Meningitis jamur terbilang langka. Meningitis ini disebabkan oleh jamur yang menginfeksi tubuh dan menyebar dari aliran darah ke otak atau sumsum tulang belakang.

Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah rentan terserang meningitis jamur.

4. Meningitis parasit
Meningitis ini disebabkan oleh parasit yang ditemukan di dalam tanah, tinja, dan pada beberapa hewan seperti siput, ikan mentah, dan unggas.

Meningitis parasit ditularkan dari orang ke orang. Meningitis amebic--salah satu dari meningitis parasit--menjadi yang paling mengancam jiwa.

Jenis meningitis amebic disebabkan ketika salah satu dari beberapa jenis parasit memasuki tubuh melalui hidung saat berenang di danau, sungai, atau kolam yang terkontaminasi.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)