6 Manfaat Tak Terduga dari Nanas

tim, CNN Indonesia | Senin, 16/12/2019 15:30 WIB
6 Manfaat Tak Terduga dari Nanas Ilustrasi. Meski terlihat tak menarik, namun pada kenyataannya, buah nanas memiliki segudang manfaat bagi tubuh. (Foto: Istockphoto/Kateryna Kukota)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meski terlihat tak menarik, namun pada kenyataannya, buah nanas memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Buah nanas yang merupakan buah tropis ini memiliki nutrisi, antioksidan, dan senyawa lain seperti enzim yang dapat melawan peradangan dan penyakit. Nanas juga mengandung aneka vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Mengonsumsi buah nanas memiliki khasiat untuk membantu pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mempercepat pemulihan.


Berikut 6 manfaat nanas untuk kesehatan:


1. Mencegah penyakit
Nanas mengandung antioksidan berupa flavonoid dan asam fenolik yang dapat mencegah penyakit menggerogoti tubuh. Antioksidan merupakan molekul yang dapat membantu tubuh melawan stres oksidatif, sumber dari banyak penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Studi menunjukkan antioksidan di dalam nanas saling terikat sehingga memiliki efek yang lama di dalam tubuh.

2. Melancarkan pencernaan
Nanas memiliki sekelompok enzim pencernaan yang dikenal dengan bromelin. Enzim ini berfungsi untuk memecah molekul protein.

Molekul protein yang telah hancur dapat lebih diserap oleh usus kecil sehingga dapat melancarkan pencernaan.

3. Mengurangi risiko kanker
Dikutip dari Healthline, sejumlah penelitian menunjukkan nanas dan senyawa yang dimilikinya dapat mengurangi risiko kanker. Nanas bisa mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang memicu kanker.

Studi juga menemukan enzim bromelin yang terdapat dalam nanas juga dapat membantu melawan kanker.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Nanas mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan enzim yang secara kolektif meningkatkan kekebalan tubuh.

Studi mendapati anak-anak yang mengonsumsi nanas memiliki risiko yang lebih rendah untuk terinfeksi virus dan bakteri. Anak-anak yang makan nanas juga memiliki empat kali lipat sel darah putih yang dapat melawan penyakit.

5. Menjaga tekanan darah
Nanas juga kaya akan kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah. Dikutip dari Medical News Today, tekanan darah yang stabil dapat menurunkan risiko kematian hingga 20 persen.


6. Mempercepat pemulihan
Makan nanas dapat membantu mempercepat pemulihan tubuh dari penyakit, seperti operasi ataupun setelah berolahraga. Kandungan bromelin dalam nanas bersifat anti-inflamasi yang membantu melawan peradangan.

Studi menunjukkan bromelin mengurangi peradangan, pembengkakan, memar, dan rasa sakit yang terjadi setelah operasi.

[Gambas:Video CNN] (ptj/chs)