3 Cara Menuju Pangandaran

CNN Indonesia | Kamis, 02/01/2020 13:22 WIB
3 Cara Menuju Pangandaran Terminal Kampung Rambutan. (CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pangandaran sedang dibenahi untuk menjadi destinasi wisata bahari unggulan di Jawa Barat. Akhir tahun kemarin, sejumlah area di sana sudah dibenahi, salah satunya dengan pembukaan Plaza Air Mancur.

Bagi turis yang berangkat dari Jakarta, ada beragam cara menuju Pangandaran selain naik kendaraan pribadi dengan panduan peta digital seperti Google Maps atau Waze.

Pertama, naik bus. Turis bisa naik bus rute Terminal Kampung Rambutan sampai Terminal Pangandaran. Durasi perjalanannya sekitar delapan jam.


Dari Terminal Pangandaran, jarak pantai hanya 300 meter.

Kedua, naik pesawat. Bagi turis domestik, cara ini memang terdengar mubazir. Namun banyak turis mancanegara yang datang dengan papan surfing menggunakan pesawat agar hemat waktu dan tenaga.

Penerbangannya dilayani oleh Susi Air, bandara keberangkatannya di Halim Perdanakusuma, durasi penerbangannya 45 menit, dan harga tiketnya sekitar Rp800 ribuan per orang sekali jalan.

Jika kelebihan bagasi, seperti kalau membawa papan surfing, tentu saja harus membayar harga tambahan.

Ketiga, naik kereta api. Rutenya Stasiun Gambir ke Stasiun Banjar. Durasi perjalanannya sekitar sembilan jam, sudah termasuk transit ganti kereta di Bandung.

Harga tiketnya sekitar Rp100 ribu per orang sekali jalan.

Setibanya di Stasiun Banjar, turis bisa melanjutkan naik bus sampai Pangandaran.

Ada banyak penginapan di sekitar Pangandaran, mulai dari homestay sampai vila.

Sejumlah tempat penginapan di Pangandaran yang populer di kalangan turis ialah; Java Lagoon, Lagoona Beach Bungalows, Nyiur Resort Hotel, dan Hau Eco Lodges Citumang.

[Gambas:Video CNN]
(ard/ard)