5 Manfaat Pelukan untuk Tubuh

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 10:26 WIB
5 Manfaat Pelukan untuk Tubuh Ilustrasi. Pelukan memiliki beragam manfaat untuk tubuh. (Istockphoto/jacoblund)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah pelukan tak sekadar rangkulan tangan yang hangat. Tanpa disadari, pelukan memberikan beragam manfaat untuk tubuh.

Secara umum, sebuah pelukan disebut sebagai upaya menghibur seseorang yang tengah bersedih. Pelukan umumnya membuat seseorang merasa lebih baik. Namun, lebih dari itu, berpelukan juga membuat Anda lebih sehat dan bahagia.

Manfaat pelukan melebihi perasaan hangat yang Anda dapatkan. Berikut mengutip berbagai sumber.


1. Mengurangi stres dan penyakit-penyakit yang disebabkan
Beri pelukan pada seseorang yang tengah mengalami suasana tertekan. Para ilmuwan menyebut, dukungan yang diberikan melalui sentuhan seperti pelukan dapat mengurangi stres yang dirasakan.

Mengutip Healthline, saat pelukan yang menenangkan itu diberikan, otak akan merespons dengan cara yang sama.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Pelukan disebut baik untuk kesehatan jantung. Salah satunya dibuktikan dalam sebuah penelitian terhadap 200 orang dewasa yang saling berpasangan.

Peneliti membagi peserta ke dalam dua kelompok. Pasangan di kelompok pertama berpegangan tangan selama 10 menit dan diikuti oleh pelukan selama 20 detik. Sementara pada kelompok lainnya, setiap pasangan hanya duduk diam selama 10 menit dan 20 detik.

Hasilnya, mereka yang berada pada kelompok pertama mengalami penurunan tekanan darah dan detak jantung yang lebih besar daripada kelompok kedua.

Menurut penelitian tersebut, hubungan kasih sayang yang bisa ditunjukkan dengan sebuah pelukan dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

3. Membuat bahagia dan mengurangi kecemasan
Oksitosin merupakan hormon dalam tubuh yang terkait dengan kebahagiaan dan menurunkan perasaan stres. Berpelukan dapat meningkatkan kadar oksitosin dalam tubuh.

Ilmuwan menemukan, oksitosin dapat menurunkan tekanan darah dan hormon stres norepinefrin.

Selain itu, sentuhan seperti berpelukan juga dapat mengurangi kecemasan pada seseorang. Sebuah penelitian menemukan, memeluk benda mati--dalam hal ini boneka beruang--membantu mengurangi ketakutan seseorang.

4. Mengurangi rasa sakit
Sentuhan seperti pelukan disebut mampu membantu mengurangi rasa sakit.

Dalam sebuah studi, orang-orang dengan fibromyalgia memiliki enam perawatan terapi dengan sentuhan. Para peserta melaporkan peningkatan kualitas hidup dengan rasa sakit yang berkurang.

5. Mengurangi risiko infeksi
Pelukan dapat meredakan stres sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, risiko infeksi pun akan semakin berkurang.

Mengutip Psychology Today, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science menyelidiki hubungan antara pelukan, dukungan sosial, dan risiko infeksi. Rata-rata peserta menemukan pelukan setiap harinya.

Pada kesempatan lain, peneliti memasukkan para peserta ke dalam ruang isolasi dan menginjeksikan virus flu ringan. Hasilnya, seberapa sering seseorang dipeluk memengaruhi risiko infeksi.

Tak ada aturan tentang seberapa banyak pelukan yang harus didapat setiap harinya. Yang jelas, semakin banyak pelukan, semakin banyak manfaat yang bisa didapat.

[Gambas:Video CNN]

(asr/asr)