5 Kriteria MPASI untuk Penuhi Kebutuhan Gizi Bayi

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 26/02/2020 18:25 WIB
5 Kriteria MPASI untuk Penuhi Kebutuhan Gizi Bayi Ilustrasi. MPASI harus diberikan dalam jumlah, frekuensi, konsistensi, dan menggunakan beragam makanan bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. (LibreShot)
Jakarta, CNN Indonesia -- Makanan pendamping ASI (MPASI) harus diberikan kepada bayi untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak. Terdapat beberapa kriteria MPASI yang boleh diberikan kepada bayi.

MPASI merupakan makanan transisi dari ASI eksklusif menjadi makanan keluarga. MPASI mulai diberikan pada usia 6 bulan hingga 24 bulan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, MPASI harus adekuat atau memadai. Artinya, MPASI harus diberikan dalam jumlah, frekuensi, konsistensi, dan menggunakan berbagai makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak sambil tetap menyusui. Orang tua atau pengasuh juga disarankan untuk aktif menstimulasi memberikan MPASI pada anak.


Berikut kriteria MPASI yang harus dipenuhi untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi.

1. Waktu
WHO menyatakan, waktu pemberian MPASI untuk usia 6-8 bulan diberikan sebanyak 2-3 kali sehari. Pada anak usia 9-11 bulan, MPASI yang diberikan meningkat menjadi 3-4 kali sehari. Pada usia 12-24 bulan MPASI diberikan 1-2 kali sehari dengan diberi tambahan camilan bergizi.

2. Disiapkan dengan higienis
Makanan yang diberikan kepada bayi harus disiapkan dan diberikan dengan cara yang higienis dan aman. Kebersihan makanan harus diperhatikan.

Persiapan yang higienis bertujuan untuk meminimalkan risiko kontaminasi patogen yang dapat menginfeksi bayi.

3. Makanan yang dapat dicerna
MPASI berbeda dengan makanan untuk orang dewasa. MPASI harus memiliki tekstur yang sesuai dengan usia anak. Berikan makanan yang mudah dicerna dan secara bertahap tingkat kekerasan pada makanan dapat ditingkatkan sesuai pertumbuhan dan usia anak.

Misalnya, untuk usia 6 bulan, berikan makanan yang sudah dihancurkan dengan sempurna agar anak tak kesulitan menelan.

4. Jenis makanan
Jenis MPASI yang harus diberikan kepada anak adalah makanan yang mengandung gizi seimbang dan bernutrisi tinggi. Makanan harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, dan vitamin. DIkutip dari UNICEF, MPASI yang mengandung nutrisi lengkap membantu meningkatkan tumbuh kembang anak.

Pilih sumber makanan yang kaya nutrisi karena akan membantu tumbuh kembang yang optimal. (ptj/asr)