5 Manfaat Jambu Biji untuk Bayi

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 12:54 WIB
5 Manfaat Jambu Biji untuk Bayi Ilustrasi. Buah jambu biji jadi salah satu makanan pendamping ASI (MPASI) yang kaya akan manfaat untuk bayi. (Choudhary/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mulai usia 6 bulan, bayi mulai diperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI). Buah jambu biji menjadi salah satu MPASI yang kaya akan manfaat untuk bayi.

Jambu biji berasal dari negara-negara Amerika Tengah seperti Meksiko, Brasil, Kolombia, dan Venezuela. Jambu ini kaya akan kandungan vitamin C, A, serta kalium dan antioksidan. Selain itu, jambu juga mengandung banyak nutrisi lain seperti serat, zat besi, protein, magnesium, serta folat.

Demi memperoleh manfaatnya, ibu dapat mengolah buah ini menjadi puree. Kupas puas terlebih dahulu dan buang bijinya. Setelah dikupas, rebus dalam beberapa menit.


Setelah dirasa cukup, haluskan dengan blender hingga lembut dan sajikan untuk si buah hati.

Berikut manfaat jambu biji untuk bayi mengutip berbagai sumber.

1. Menyehatkan mata
Jambu biji mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain menyehatkan mata, vitamin A juga penting untuk pertumbuhan, perkembangan sel tubuh serta membuat kulit tetap sehat.

Anda juga bisa memperoleh manfaat vitamin A dari buah-buahan berwarna cerah lain seperti mangga, pepaya juga semangka. Buah-buahan ini pun bisa jadi variasi menu buah buat bayi.

2. Perangi infeksi
Bayi masih rentan terhadap infeksi penyakit. Nutrisi yang tepat dibutuhkan untuk menguatkan sistem imun tubuh bayi. Nutrisi itu salah satunya bisa didapat dari jambu biji.

Mengutip Mom Junction, manfaat itu bisa didapat berkat kandungan vitamin C pada jambu biji. Vitamin C membantu bayi cepat pulih dari sakit seperti batuk atau selesma.

3. Cegah sembelit
Konsumsi jambu biji pada bayi bisa mencegah konstipasi atau sembelit. Jambu biji kaya akan serat sehingga bisa menyehatkan sistem pencernaan. Jambu biji berperan sebagai laksatif alami.

4. Bantu perkembangan otak
Tak bisa dimungkiri, asupan makanan buat bayi begitu berperan untuk perkembangan otaknya. Memberikan jambu biji buat bayi termasuk langkah tepat untuk membantu perkembangan otaknya.

Jambu biji merupakan sumber vitamin K, B3 dan B6, asam pantotenat, tiamin, riboflavin dan folat yang baik untuk otak.

5. Cegah kanker
Siapa bilang kanker tak bisa dicegah sejak dini? Konsumsi jambu biji untuk bayi sama dengan melindungi bayi dari ancaman kanker.

Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya membuat jambu biji bermanfaat melindungi bayi dari kanker sejak dini.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)