Minuman yang Baik Dikonsumsi Pertama Kali saat Pagi Hari

tim, CNN Indonesia | Jumat, 25/09/2020 20:56 WIB
ilustrasi puasa Ilustrasi. Segelas minuman akan membuat pagi hari terasa lebih baik. (Istockphoto/ Eva-Katalin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Segelas minuman akan membuat pagi hari terasa lebih baik. Tapi, minuman apa yang baik dikonsumsi pertama kali saat pagi hari?

Sejumlah ahli sepakat bahwa segelas air sangat baik dikonsumsi pertama kali setelah Anda bangun tidur. Tubuh membutuhkan hidrasi ulang setelah tidur semalaman.

"Anda mungkin belum tentu merasa haus di pagi hari, tapi minum air bisa jadi kebiasaan kesehatan untuk tetap terhidrasi sepanjang hari," ujar ahli gizi Vicki Shanta Retelny, melansir Huffington Post.


Selain segelas air mineral, Anda juga bisa meneguk beberapa jenis minuman lain yang diklaim aman untuk pagi hari.

Salah satunya adalah meminum secangkir teh hangat di pagi hari. Sejumlah penelitian telah menunjukkan berbagai manfaat kesehatan minuman teh. Polifenol dalam teh memengaruhi aktivitas insulin, membantu menjaga tekanan darah yang sehat, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Pada pagi hari, teh bisa jadi minuman yang menenangkan sekaligus meningkatkan fokus dan konsentrasi. Mengutip Healthline, kandungan kafein di dalamnya dapat menjadi stimulan yang terbukti meningkatkan perhatian dan kewaspadaan.

Anda disarankan untuk meneguk secangkir teh hijau hangat di pagi hari. Kandungan L-theanine yang ada di dalamnya memberikan efek menenangkan bagi Anda yang ingin memulai hari. L-theanine bekerja dengan meningkatkan fungsi otak dan suasana hari tanpa menimbulkan efek samping negatif dari kafein dalam teh.

Selain teh, Anda juga bisa meminum secangkir kopi hangat di pagi hari. Mengutip Vix, kafein dalam kopi membantu meningkatkan energi untuk memulai hari. Saat Anda meminum kopi di pagi hari, kafein diserap ke dalam aliran darah di otak dan memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut Adenoisme.

Sejumlah uji coba terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak termasuk di antarnya memori, suasana hati, kewaspadaan, dan tingkat energi.

Namun, agar lebih sehat, konsumsi teh dan kopi tanpa menambahkan gula sedikit pun. Konsumsi gula pada pagi hari hanya akan mengganggu proses metabolisme.

(asr/chs)

[Gambas:Video CNN]