5 Ide Mengolah Sisa Saus Pasta

Tim | CNN Indonesia
Minggu, 17 Mei 2020 03:00 WIB
Ilustrasi hidangan pasta saus bola daging Ilustrasi. Jangan dibuang, sisa saus pasti masih bisa Anda gunakan untuk penyajian menu makan lainnya. (Pixabay/MAKY_OREL)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain mi instan, pasta kerap jadi stok makanan yang hampir selalu tersedia di rumah. Penyajiannya mudah, Anda hanya perlu merebus pasta pilihan dan lumuri dengan saus pasta instan kesukaan.

Namun, sering kali saus pasta tersisa tak dimakan. Jangan dibuang, sisa saus pasta masih bisa Anda gunakan untuk menu makan lainnya.

"Sisa saus pasta memiliki rasa yang lebih nikmat saat digunakan untuk kedua kalinya, karena waktu memungkinkan rempah-rempah dan bumbu lebih meresap serta membuat saus lebih beraroma," ujar Chef Fabio Viviani, alumni kompetisi masak "Top Chef", mengutip All Recipes.

Berikut ide mengolah sisa saus pasta yang bisa Anda coba.

1. Casserole
Istilah 'casserole' diambil dari bahasa Prancis yang berarti 'panci'. Sebutan ini merujuk pada masakan yang dipanggang dalam panci. Biasanya, casserole menggunakan perpaduan daging dan sayuran.

Viviani menyarankan, manfaatkan sisa saus pasta untuk diolah jadi campuran casserole. Tambahkan potongan brokoli atau kembang kol yang telah direbus, lalu letakkan dalam panci.

"Taburi dengan tepung roti dan panggang dengan suhu 350 derajat Fahrenheit sekitar 30 menit," imbuhnya.

2. Potato Gratin
Jenis saus pasta yang creamy paling pas jika dipadukan dengan kentang.

Bosan dengan kentang tumbuk? Saatnya membuat potato gratin. Menu ini berasal dari Prancis yang memadukan kentang, susu, dan keju.

Campurkan kentang yang telah diserut dengan potongan bawang bombai dan sisa saus pasta. Tambahkan keju dan panggang sekitar 18 menit.


3. Saus celupan
Agar keripik atau sayuran tak terasa hambar, celupkan pada saus pasta berbahan dasar tomat untuk menambah rasa.

Viviani menyarankan untuk menambahkan cabai kering bubuk demi memberikan rasa pedas.

4. Sup
Bukan tidak mungkin saus pasta ini disulap jadi sup. Tuscan tomato soup bisa dibuat dengan memanfaatkan sisa saus pasta.

Tuscan tomato soup merupakan sup kental dengan tomat, parmesan, dan roti. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan saus pasta berbahan dasar tomat.

Selain roti, Anda bisa menambahkan potongan protein seperti tahu atau daging ayam fillet.

5. Topping roti dan piza
Saus pasta bisa berfungsi dengan baik sebagai topping, misalnya untuk bruschetta.

Panggang roti dan bubuhkan saus pasta di dalamnya. Untuk menjadikan piza, Anda bisa memanfaatkan berbagai isi kulkas seperti sayuran, sosis, atau bahkan keju mozzarella. (els/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER