Bandara Singapura Terbaik di Dunia, Soetta ke-35

CNN Indonesia | Rabu, 13/05/2020 13:11 WIB
Bandara Singapura Terbaik di Dunia, Soetta ke-35 Area Jewel Changi di Bandara Internasional Changi, Singapura. (Roslan RAHMAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bandara Internasional Changi di Singapura terpilih untuk yang kedelapan kalinya berturut-turut sebagai bandara terbaik di dunia tahun ini versi Skytrax World Airport Awards.

Daftar tersebut memuat peringkat 100 bandara di dunia. Di posisi ke-dua ada Bandara Internasional Haneda di Jepang dan di posisi ke-tiga ada Bandara Internasional Hamad di Qatar.

Sementara itu, Bandara Internasional Soekarno Hatta berada di peringkat ke-35, naik lima peringkat dari tahun lalu.


Lalu Bandara Internasional Ngurah Rai berada di peringkat ke-85, naik 24 peringkat dari tahun lalu.

Penghargaan, yang pemenangnya dipilih melalui dalam survei kepuasan pelanggan di ratusan bandara dunia, ini awalnya dijadwalkan berlangsung pada 1 April di Passenger Terminal Expo di Paris, Prancis.

Namun akhirnya dibatalkan karena pandemi virus corona,

Pengumuman pemenang pada tahun ini kemudian dihelat secara virtual melalui siaran langsung di Youtube pada Minggu (10/5).

"Setelah menunda pengumuman penghargaan selama hampir enam minggu, kami merasa sekarang saat yang tepat untuk membawa kegembiraan ke industri bandara di masa-masa sulit ini," kata Edward Plaisted, CEO Skytrax, dalam sebuah pernyataan tertulisnya.

Sama seperti tahun lalu, bandara-bandara di Asia Timur mendominasi peringkat sepuluh besar di World Airport Awards tahun ini.

Dikatakan Skytrax, pelanggan dari lebih dari 100 negara berpartisipasi dalam survei, yang dilakukan dari September 2019 hingga Februari 2020 di 550 bandara dunia.

Kemenangan Singapura juga didukung oleh area Jewel Changi pada bulan April 2019, kompleks multi guna yang dirancang untuk menghubungkan tiga dari empat terminal Bandara Changi.

Menampilkan eksterior dramatis berbentuk donat yang dibingkai dalam baja dan kaca, area seluas 135.700 meter persegi itu dirancang oleh arsitek terkenal Moshe Safdie.


Daya tarik Jewel Changi adalah HSBC Rain Vortex setinggi 40 meter, yang mengalir di tengah dan disebut sebagai air terjun dalam ruang tertinggi di dunia.

Tak hanya indah dan Instagram-able, area tersebut juga mempersingkat waktu tempuh penumpang antarterminal.

"Bandara Changi dengan rendah hati menerima penghargaan ini. Ini merupakan tahun yang penuh tantangan bagi kita semua. Sama seperti yang lain, kami terus melakukan yang terbaik untuk melindungi kesehatan para pelancong dan para pekerja bandara kami. Kami berharap kondisi akan semakin membaik," kata Lee Seow Hiang, Kepala Eksekutif Grup Bandara Changi dalam video yang ditayangkan.

Berikut daftar sepuluh besar bandara terbaik di dunia versi Skytrax World Airport Awards 2020:

1. Bandara Internasional Changi (Singapura)
2. Bandara Internasional Tokyo Haneda (Jepang)
3. Bandara Internasional Hamad (Doha, Qatar)
4. Bandara Internasional Incheon (Korea Selatan)
5. Bandara Internasional Munich (Jerman)
6. Bandara Internasional Hong Kong (Hong Kong)
7. Bandara Internasional Narita (Tokyo, Jepang)
8. Bandara Internasional Chūbu Centrair (Nagoya, Jepang)
9. Bandara Internasional Schiphol (Amsterdam)
10. Bandara Internasional Kansai (Osaka, Jepang)

(ard/ard)

[Gambas:Video CNN]