3 Cara Memanaskan Frozen Food Tanpa Microwave

Tim, CNN Indonesia | Senin, 13/07/2020 18:28 WIB
Ilustrasi Microwave Ilustrasi. Ada beberapa cara lain memanaskan frozen food tanpa microwave. (Maximkostenko/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Microwave memang jadi salah satu cara paling cepat dan mudah untuk memanaskan frozen food. Namun, tak semua makanan aman dipanaskan dengan microwave. Anda perlu mencari cara lain untuk menghangatkan makanan beku.

Makanan beku kini menjadi primadona. Makanan ini dinilai praktis dan solutif di tengah kesulitan semasa pandemi Covid-19.

Berikut beberapa cara menghangatkan makanan beku tanpa microwave yang bisa Anda coba di rumah, melansir Good Food Made Simple.


1. Oven

Oven konvensional dan microwave memanaskan makanan dengan cara yang berbeda. Microwave memanaskan makanan secara langsung dan menyeluruh, sementara oven memanaskan makanan perlahan dimulai dari bagian luar. Kondisi ini membuat oven konvensional dinilai lebih baik untuk menghasilkan tingkat kematangan yang merata.

Sayang, lamanya waktu yang dibutuhkan menjadi salah satu kelemahan menghangatkan makanan beku dengan oven. Dengan microwave, Anda hanya perlu waktu 3-5 menit. Sementara dengan oven, Anda dipastikan memerlukan waktu lebih dari itu.

Hampir semua makanan beku bisa dimasak atau dipanaskan dalam oven. Untuk makanan sejenis burrito dan kebab, misalnya, bungkus makanan dengan kertas aluminium foil. Simpan di atas loyang dan panggang selama 45-50 menit.

2. Wajan anti-lengket

Wajan anti-lengket juga bisa menjadi pilihan praktis untuk menghangatkan makanan beku. Waktu yang diperlukan memang lebih sebentar dari oven, namun Anda lebih harus hati-hati saat memasaknya.

Anda bisa menghangatkan makanan seperti burrito, pancake, waffle, dan lain-lain dengan wajan anti-lengket. Waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan makanan dengan wajan adalah sekitar 10-15 menit. Pastikan Anda selalu membolak-balikkan makanan.

Anda juga harus selalu memantau wajan. Jika terlalu panas, wajan akan dengan cepat membakar makanan jadi gosong.

Jika makanan dirasa semakin kering, berikan beberapa tetes minyak ke dalam wajan.

3. Panci

Cara lain untuk memanaskan makanan beku tanpa microwave adalah dengan menggunakan panci. Anda bisa memanaskan sup atau makanan beku cair lainnya dengan panci.

Masukkan makanan beku ke dalam panci, aduk hingga merata. Jangan ragu untuk menambahkan sedikit air jika makanan dirasa terlalu kering. Anda hanya butuh waktu sekitar 10-15 menit untuk memanaskan frozen food dengan panci.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]