Model Israel Dihukum Karena Mangkir Pajak dan Belanja Mewah

tim, CNN Indonesia | Selasa, 21/07/2020 14:55 WIB
Pengadilan Israel telah memvonis salah satu model paling terkenal di dunia dan mantan kekasih Leonardo DiCaprio, Bar Refaeli, atas tuduhan penghindaran pajak. Pengadilan Israel telah memvonis salah satu model paling terkenal di dunia dan mantan kekasih Leonardo DiCaprio, Bar Refaeli, atas tuduhan penghindaran pajak. (AP/Oded Balilty)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengadilan Israel telah memvonis salah satu model paling terkenal di dunia, Bar Refaeli, atas tuduhan penghindaran pajak. Pengadilan juga menjatuhkan hukuman penjara kepada ibunya, Zipi Refaeli. Vonis ini mengakhiri kasus panjang antara selebriti dan keluarganya.

Mengutip Guardian, Refaeli dijatuhi hukuman 9 bulan untuk melayani masyarakat. Sedangkan ibunya akan dipenjara selama 16 bulan. Mereka juga diperintahkan untuk membayar denda 1,2 juta poundsterling di atas jutaan pajak yang terhutang kepada negara.

Ibu dan anak ini dijatuhi hukuman karena melakukan pelanggaran pembayaran pajak untuk pendapatan mendekati US$10 juta.


Refaeli pernah berkilah dan mengklaim tak membayar pajak kepada otoritas pajak Israel lantaran dia tinggal di AS bersama kekasihnya dulu, Leonardo DiCaprio sebelum akhirnya menikah dengan miliarder Israel Adi Ezra.

Kasus ini sebagian besar berputar di sekitar status kependudukannya di tahun-tahun berikutnya, ketika dia berkeliling dunia untuk syuting, melakukan banyak penerbangan dan menghabiskan banyak waktunya di luar Israel.

Saat itu Refaeli berusaha membuktikan "pusat kehidupan" nya untuk keperluan pajak ada di AS bersama DiCaprio dan karenanya tidak bertanggung jawab membayar pajak di Israel.

Jaksa menolak klaimnya dan menuduhnya memberikan informasi pajak palsu. Di sisi lain hakim menemukan hubungannya dengan DiCaprio tidak memenuhi syarat sebagai "unit keluarga", yang berarti dia harus membayar pajak penuh.

Di antara tuduhan itu adalah bahwa Refaeli tidak membayar sewa untuk apartemennya di Tel Aviv meskipun tinggal di sana, membayar seorang desainer interior untuk jasanya dengan melakukan publisitas untuk bisnisnya, dan menerima sebuah mobil dari sebuah perusahaan dengan imbalan publisitas, Dan semua itu tidak ada yang dilaporkan.

Model berusia 35 tahun dan ibunya diselidiki karena tidak melaporkan diskon untuk barang mewah dan fasilitas lainnya yang seharusnya dikenai pajak penghasilan.

Meskipun diperintahkan untuk tinggal di Israel kecuali diberi izin khusus untuk pergi, Refaeli tetap mempertahankan statusnya sebagai public figure yang populer. Tahun lalu, ia menjadi tuan rumah kontes lagu Eurovision di sebuah upacara mewah di Tel Aviv.

Zipi Refaeli, sang ibu didakwa dengan kegagalan melaporkan pendapatan, menghindari membayar pajak dan membantu orang lain dalam menghindari pembayaran pajak.

(chs)

[Gambas:Video CNN]