7 Hidangan Ikonis Anime yang Patut Dicoba

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 26/07/2020 21:28 WIB
Hampir selalu ada hidangan khas yang muncul dalam sejumlah anime. Bukan fiksi semata, apa yang dihidangkan dalam anime juga hadir dalam wujud nyata. Ilustrasi. Bukan fiksi semata, apa yang dihidangkan dalam anime juga hadir dalam wujud nyata. (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak menghabiskan waktu di rumah, makin banyak pula waktu untuk menonton serial anime favorit. Tak jarang anime-anime ini menimbulkan rasa lapar, apalagi saat pemeran utamanya yang lahap mencicipi hidangan tertentu.

Jika diperhatikan, sebenarnya hampir selalu ada hidangan yang kerap dimunculkan dalam setiap anime. Bukan santapan fiksi semata, apa yang dihidangkan dalam film anime juga hadir dalam wujud nyata.

Berikut tujuh hidangan ikonis ala anime yang patut dicicipi, mengutip berbagai sumber.


1. Ramen

Ramen jadi makanan yang kerap dimunculkan di serial anime. Mi dengan kuah dan beberapa jenis topping ini sangat digemari di Jepang. Bisa jadi, popularitas ramen menanjak berkat anime Naruto. Dalam salah satu adegan, Naruto dan Guru Iruka menyantap ramen Ichiraku.

Ramen ala Naruto ini khas dengan potongan kamaboko narutomaki. Kamaboko merupakan olahan daging ikan yang dipotong-potong. Kamaboko narutomaki memiliki bentuk bulat dengan pinggiran bergerigi dan bagian tengah terdapat garis spiral berwarna merah muda.

2. Chocolate curry buns

Kari tidak selalu dinikmati dengan sepiring nasi panas. Di anime Kuroshitsuji (Black Butler), Sebastian Michaelis menyajikan kari sebagai isian roti.

Anda memang bisa menemukan roti isi kari di berbagai tempat, apalagi di Jepang. Namun, dalam anime ini, roti isi kari ditambahkan cokelat untuk menambah cita rasa.

3. Omurice

Di Indonesia, menyantap nasi goreng dan telur dadar adalah hal biasa. Dalam anime dan budaya Jepang sajian yang mirip seperti nasi goreng ini dikenal dengan sebutan omurice.

Omurice pada dasarnya merupakan omelet yang diisi dengan nasi goreng dan daging. Saat disajikan, omurice akan terlihat cantik dengan bentuk lonjong kuning berhias saus.

Mengutip Ranker, omurice diciptakan pada awal 1900-an sebagai makanan Jepang bergaya Barat. Salah satu adegan di anime Sakurasou Pet No Kanojo, Mashiro Shiina menggambar wajah Kanda Sorata dengan saus. Layanan istimewa ini bertepatan dengan festival sekolah mereka.

omelette with fried rice and shrimp tempura Japanese foodIlustrasi. Tampak asli sajian omurice yang sempat hadir dalam anime. (iStockphoto/piyato)

4. Takoyaki

Di sebagian besar wilayah Jepang, takoyaki dikenal sebagai makanan ringan dan mudah ditemui bahkan kaki lima sekalipun. Meski diberi titel makanan ringan, sebenarnya beberapa butir takoyaki bisa membuat Anda cukup kenyang.

Takoyaki terbuat dari adonan tepung dan diisi daging gurita atau makanan laut lain. Biasanya takoyaki disajikan dengan saus gurih dan katsuoboshi (ikan cakalang serut).

Takoyaki sempat jadi sorotan di anime Assassination Classroom. Korosensei membuat takoyaki berisi gurita hasil buruan Karma. Khusus untuk Karma, Korosensei membuatkan takoyaki versi paling pedas.

5. Noriben

Penggemar anime bertema kuliner tentu tidak akan melewatkan Food Wars! Shokugeki no Soma. Dalam satu episode, Soma mengikuti kompetisi masak musim gugur bertema "Obento" (kotak bekal makan siang ala Jepang). Dia pun membuat Yukihira-style Advanced Seaweed Bento.

Di Jepang, hidangan ini nyata adanya dan bernama noriben. Mengutip dari Wow! Japan, noriben dibuat dari nasi yang dibungkus nori (lembaran rumput laut) dan dicelupkan ke dalam saus.

6. Honey lemon slice

Irisan lemon yang direndam madu merupakan minuman untuk menunjang kesehatan tubuh. Dalam anime bertema basket Kuroko no Basuke, Mitobe Rinnosuka, anggota tim basket SMA Seirin, membuat honey lemon slice.

Pembuatan honey lemon slice termasuk mudah. Anda hanya perlu lemon, belah, dan iris-iris tapi tidak terlalu tipis. Siapkan wadah bertutup, letakkan potongan lemon diselang-seling dengan menuangkan madu. Terus ulangi hingga wadah penuh dan lemon terendam sempurna. Tutup dan simpan dalam kulkas selama sekitar 3 hari.

Honey lemon slice bisa dinikmati dengan menyeduh irisan lemon dengan air hangat atau langsung saja santap irisan lemon seperti yang dilakukan Kuroko dan kawan-kawan.

7. Potato chip fried rice

Dalam anime terbarunya, Weathering with You, Makoto Shinkai memasukkan resep masakan sederhana. Mengutip dari Spoon & Tamago, Hina Amano menyiapkan kreasi masakan sederhana yakni nasi goreng keripik kentang (potato chips fried rice).

Jika ingin benar-benar mirip dengan masakan Hina, Anda memerlukan tauge kacang yang biasanya berwarna hijau dan lebih besar dari tauge yang umum ditemui di pasar. Untuk hiasan telur, gunakan telur asli Jepang karena tidak menimbulkan bau amis.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]