5 Minuman Alternatif untuk Hidrasi Tubuh Selain Air Putih

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 05/08/2020 03:56 WIB
Tak hanya air putih, beberapa jenis minuman lain juga dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Tak hanya air putih, beberapa jenis minuman lain juga dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. (Bino Storyteller/Unsplash)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup agar organ berfungsi normal. Kurangnya asupan cairan berisiko memicu dehidrasi. Berikut beberapa pilihan minuman untuk menghidrasi tubuh selain air putih.

Ahli nutrisi Nancy Rahnama mengatakan bahwa dehidrasi merupakan kondisi medis yang umum dialami banyak orang. Dehidrasi, sebutnya, menimbulkan beberapa gejala termasuk kelelahan, sembelit, dan penurunan konsentrasi.

Kebutuhan cairan per hari akan bervariasi pada setiap orang, tergantung berat badan, kondisi lingkungan, aktivitas fizik, dan fungsi usus. Namun, umumnya para ahli merekomendasikan asupan cairan sebanyak 8 gelas per hari atau sekitar 1,8 liter.


Masalahnya, meminum air putih kerap dianggap tak menyenangkan. "Air dianggap sebagai minuman cari tanpa kandungan kafein, alkohol, dan gula," ujar Rahnama, melansir She Knows. Agak sulit memang untuk menikmati minuman dengan rasa hambar.

Lantas, apakah ada minuman lain selain air putih yang dapat membantu menghidrasi tubuh? Jawabannya tentu saja ada. Berikut minuman selain air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan Anda.

1. Sparkling water

Air soda tidak selalu buruk buat Anda. Pilih saja sparkling water yang tidak mengandung gula atau alkohol. Suzanne Dixon, ahli diet di Mesothelioma Center, merekomendasikan sparkling water dicampur dengan perasan lemon atau jeruk nipis.

Minuman ini bakal memberikan hidrasi sekaligus sensasi menggelitik di lidah tanpa khawatir akan kandungan kalori tinggi. Bonusnya, Anda juga bakal memperoleh asupan vitamin C dari perasa lemon atau jeruk nipis.

2. Teh herbal

Asupan cairan harian bisa juga dipenuhi dengan konsumsi teh herbal. Ada beragam teh herbal seperti teh adas, teh jahe, teh kamomil, teh kunyit, teh rosela, dan teh bunga krisan.

Rasa dan aroma teh herbal dijamin tidak akan membuat aktivitas minum terasa hambar dan membosankan. Bahkan, teh herbal juga memberikan manfaat tambahan untuk kesehatan.

Ilustrasi ragam jenis teh celupIlustrasi. Teh herbal menjadi salah satu minuman yang dapat membantu menghidrasi tubuh. (Pixabay/Skitterphoto)

3. Air dengan kayu manis

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah pelengkap bumbu masakan. Kayu manis pun bisa digunakan sebagai campuran minuman. Rahnama merekomendasikan Anda untuk mencampur kayu manis pada air putih.

Caranya, masukkan dua batang kayu manis pada air yang sedang dimasak. Setelah didinginkan, nikmati air kayu manis tersebut.

4. Teh hijau

Ganti minuman es teh manis Anda dengan teh hijau. Tak hanya menyegarkan, teh hijau juga memberikan manfaat sebagai antioksidan.

Teh hijau mengandung senyawa flavonoid yang disebut katekin. Katekin berfungsi untuk mencegah radikal bebas sehingga mengurangi kerusakan pada sel tubuh.

5. Infused water

Anda bisa memberikan rasa pada air putih tanpa harus menambahkan sirup atau jenis gula tambahan lain. Tambahkan saja potongan buah atau sayur pada air putih yang disebut dengan infused water.

Anda cukup menyiapkan botol minum, air putih, dan potongan buah sesuai selera. Buah apapun bisa ditambahkan pada air seperti apel, stroberi, jeruk, persik, atau beri. Kemudian simpan campuran air dan potongan buah di dalam kulkas. Infused water pun siap dinikmati keesokan harinya.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]