5 Ide Kreasi Mengolah Roti untuk Sarapan

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 06/08/2020 05:30 WIB
Roti jadi pilihan praktis untuk menu sarapan. Tapi melulu kombinasi roti tawar dan selai juga bisa bikin bosan. Berikut kreasi mengolah roti yang layak dicoba. Ilustrasi: Roti jadi pilihan praktis untuk menu sarapan. Tapi melulu kombinasi roti tawar dan selai juga bisa bikin bosan. Berikut kreasi mengolah roti yang layak dicoba. (Foto: Pixabay/PDPics)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jika sarapan nasi terlalu 'berat' buat Anda, maka roti bisa dijadikan alternatif. Misalnya, cukup dengan dua lembar roti tawar ditambah olesan selai cokelat kacang atau stroberi.

Menu sederhana tersebut sudah bisa memberikan suplai energi untuk beraktivitas setidaknya hingga jam makan siang.

Akan tetapi pagi-pagi berikutnya tentu bakal membosankan jika roti cuma ditemani selai. Ada beberapa ide olahan roti sederhana untuk sarapan yang bisa Anda coba.


1. Sereal roti

Padukan roti dengan susu. Susu bakal memberikan asupan kalsium dan protein sedangkan roti bakal memberikan rasa kenyang dengan kandungan serat dan karbohidratnya. Konsumsi keduanya sekaligus sebagai sereal.

Cukup potong-potong roti dalam ukuran kecil, letakkan dalam mangkuk dan siram dengan susu. Biarkan roti terendam susu hingga agak lembek.

Tambahkan madu, buah kering atau potongan buah untuk menambah nutrisi dan rasa.

Ilustrasi Sarapan RotiIlustrasi: Anda bisa memadukan susu dengan roti. Bisa pula menambahkan dengan madu, potongan buah kering atau kismis untuk memperkaya nutrisi juga rasa. (Foto: beernc20/Pixabay)

2. Garlic bread

Memulai hari tak harus dengan sesuatu yang manis. Coba saja sesekali mengolah roti menjadi garlic bread agar pagi Anda tak membosankan. Biasanya garlic bread dibuat dengan roti jenis French bread yang lonjong dan panjang. Namun tak ada salahnya memanfaatkan roti yang ada termasuk roti tawar.

Melansir dari Spend with Pennies, Anda cukup mengkombinasikan butter yang sudah dicairkan dengan bawang putih dan parsley yang sudah dicacah. Oleskan campuran pada roti dan panggang. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan taburan keju parmesan.

3. French toast

Klasik tetapi ide olahan roti satu ini seolah tidak kehilangan pesona. Selain karena mudah dibuat, French toast memiliki rasa lezat. Mengutip dari NDTV, Anda cukup menyiapkan roti tawar, susu, telur, gula, butter dan esense atau perasa vanila (tergantung selera).

Campur susu, telur, gula, butter dan esense vanila. Celupkan roti ke dalam campuran dan panggang di teflon. Nikmati French toast bersama kopi atau teh hangat.

4. Roti panggang beragam topping

Sayang sekali jika roti panggang hanya diberi selai begitu saja. Kreasi lain, Anda bisa menyulap jadi sarapan penuh energi dengan topping yang pas.

Mengutip dari Mom's Kitchen Handbook, siapkan roti tawar, usahakan roti dari biji-bijian atau dari gandum. Kemudian siapkan empat elemen bahan yakni, selai (cokelat kacang, kacang, cream cheese atau selai buah), potongan buah (apel, pisang, aprikot, persik), sayuran hijau (timun, tomat, baby spinach), topping (chia seeds, kacang, kelapa kering, buah kering, granola, biji kakao) dan bahan taburan (garam laut, lada, madu, perasan lemon).

Cukup panggang roti hingga berwarna sedikit kecoklatan, lalu bubuhkan selai favorit, tambahkan buah dan sayur, berikan topping dan terakhir sedikit taburan yang sesuai. Sarapan penuh energi pun jadi.

5. Avocado toast

Alpukat adalah sumber lemak sehat buat tubuh. Padukan dengan roti dan Anda bisa memulai hari dengan penuh nutrisi. Avocado toast bisa jadi menu sarapan praktis cukup dengan memanggang roti dan dibubuhkan irisan alpukat dan mungkin telur rebus (poached egg).

Akan tetapi untuk versi lebih 'advance', Anda bisa membuat alpukat tumbuk sebagai olesan pada roti. Mengutip dari Cooking Light, kombinasikan separuh alpukat dengan perasan lemon, sedikit garam dan lada. Panggang roti (usahakan roti gandum atau roti biji-bijian), baru oleskan campuran alpukat.

(els/NMA)

[Gambas:Video CNN]