Demi Selfie, Turis Austria Rusak Patung Kuno di Museum Italia

CNN Indonesia | Minggu, 09/08/2020 08:10 WIB
Turis asal Austria berusia 50 tahun mematahkan tiga jari kaki patung Paolina Bonaparte karya Antonio Canova di Museum Gipsoteca di utara Italia. Ilustrasi. (tookapic/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polisi Italia telah mengidentifikasi seorang wisatawan pria asal Austria berusia 50 tahun yang mematahkan tiga jari kaki patung Paolina Bonaparte karya Antonio Canova di Museum Gipsoteca di Possagno, utara Italia.

Dilansir dari CNN International pada Minggu (9/9), wisatawan itu tidak sengaja mematahkan jari kaki patung saat ia selfie di dekat patung.

Kepala kepolisian Treviso Carabinieri, mengatakan bahwa patung berusia 200 tahun itu rusak pada 31 Juli 2020.



Pria yang namanya belum dirilis itu tertangkap kamera keamanan sedang melompat ke atas dasar patung untuk selfie, lalu ia tidak sengaja mematahkan jari kaki karya seni tersebut.

Polisi mengatakan bahwa si pria beserta delapan wisatawan Austria lainnya memisahkan diri dari rombongan untuk selfie dengan patung.

Menurut penyelidik, akibat perbuatannya, dia mematahkan tiga jari kaki kanan patung dan "mungkin ada kerusakan lebih lanjut pada dasar patung yang masih harus dipastikan oleh para ahli museum".

Presiden dari Antonio Canova Foundation, Vittorio Sgarbi menulis di Facebook bahwa dia telah meminta polisi untuk tak menghukum sang pria sebelum ia kembali ke negaranya, karena ulahnya membuat kerusakan pada karya seni yang bernilai sejarah tinggi.

Pria tersebut diidentifikasi lewat protokol pencegahan virus corona, yang membuat semua pengunjung museum harus meninggalkan informasi pribadi untuk pelacakan kontak.

Menurut siaran pers dari Treviso Carabinieri, ketika polisi menghubungi pria tersebut, istrinya menangis dan mengakui suaminya adalah sang perusak patung. Sang suami kemudian mengaku salah atas "tindakan bodoh" tersebut.

Pengadilan Treviso saat ini sedang memutuskan apakah akan mengajukan tuntutan.

Patung yang rusak adalah model yang digunakan Canova untuk memahat patung marmer yang saat ini dipajang di Galeri Borghese di Roma.

Canova adalah seorang pematung yang dihormati, ia hidup dari 1757-1822 dan terkenal dengan karya patung marmernya.

Namun ini bukan pertama kalinya sebuah karya seni berharga dirusak oleh turis untuk selfie.

Pada Oktober 2018, seorang wanita merusak dua karya seni Fransisco Goya dan Salvador Dali di sebuah galeri di Yekaterinburg, Rusia setelah dia menjatuhkannya di tengah usahanya selfie.


(ans/ard)

[Gambas:Video CNN]