Gaya Busana Kamala Harris dalam Dunia Politik AS

tim, CNN Indonesia | Kamis, 13/08/2020 16:56 WIB
Kamala Harris sendiri juga dikenal sebagai perempuan yang tampil penuh gaya, tapi dia suka tampilan kasual seperti t-shirt, jeans, dan converse. Kamala Harris sendiri juga dikenal sebagai perempuan yang tampil penuh gaya, tapi dia suka tampilan kasual seperti t-shirt, jeans, dan converse. (AFP/Paras Griffin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kamala Harris mencatat sejarah baru. Kandidat Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan Harris sebagai nama calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam pemilihan umum pada November mendatang.

"Saya mendapat kehormatan besar untuk mengumumkan bahwa saya telah memilih Kamala Harris "si kecil pejuang tak kenal takut"," tulis Biden dalam cuitannya seperti mengutip dari AFP.

Senator California itu tak cuma menjadi wanita kulit hitam dan India-Amerika pertama yang dinominasikan sebagai pencalonan Wakil Presiden Amerika dalam sejarah, tapi juga wanita kedua dari partai Demokrat yang diberi kesempatan untuk mencalonkan diri.


Mengutip Forbes, Kamala Harris sendiri juga dikenal sebagai perempuan yang tampil penuh gaya. Dalam beberapa kesempatan, Harris juga sosok perempuan yang menyukai jeans, t-shirt dan converse dibandingkan dengan busana desainer atau tren terkini.

Meskipun ini bukan pakaian politik tradisional, bagaimanapun juga, ini adalah pakaian yang paling cocok dengan kebanyakan orang Amerika. Itu cerdas, aman dan, setidaknya untuk saat ini.

Tak dimungkiri, di dunia politik, bagi perempuan fashion memang jadi sebuah senjata. Seringkali dibandingkan dengan kebijakan politik yang diambil, fashion dan penampilan politikus perempuan seringkali jadi sasaran. Salah fokus.

Membicarakan tentang gaya kandidat perempuan hendaknya tidak mengurangi atau mengurangi pencapaiannya yang lain. Makna dan simbolisme dapat diekspresikan melalui pakaian.

Harris sendiri termasuk sosok yang sadar penampilan. Gayanya bisa sporty, elegan, seksi, dan smart tergantung kesempatan dan event yang dihadirinya. Celana panjang dan blazer menjadi gayanya belakangan ini. Namun dia tak bermain aman, power suitnya juga dilengkapi dengan aneka aksesori. Kalung dan anting menjadi pelengkap gayanya.

Mengutip Vogue, melihat kembali foto kelulusan Kamala Harris di Universitas Howard tahun 1986 menunjukkan kalung mutiaranya yang tergantung di leher, aksesori yang masih disukainya hingga hari ini. Baik mutiara putih atau mutiara hitam.Dalam beberapa kesempatan, dia juga masih memakainya dalam setiap tampilan publik. 

Di jalur kampanye dan acara publik, Harris menggunakan koleksi sepatu kets Converse yang mengesankan, mulai dari All Stars klasik hingga versi platform

BEVERLY HILLS, CA - JUNE 05: Actress Kamala Harris attends the Fifth Annual Kidstock Music and Arts Festival at Greystone Mansion on June 5, 2011 in Beverly Hills, California.   Frederick M. Brown/Getty Images/AFPFoto: AFP/FREDERIC J. BROWN
Kamala Harris juga suka memakai celana jin dan converse

Kamala Harris juga tergolong orang yang tak takut bermain warna. Kemeja putih yang dipadukan dengan blazer single breasted biru, kemeja merah marun dengan paduan blazer abu-abu, sampai blazer kotak-kotak, sampai pink dan toska yang penuh warna. 

Dalam beberapa kesempatan, Harris juga bisa tampil feminin. Dengan gaun malam seksi dan berbahan sheer dia juga menghadirkan kalung mutiara dalam tampilannya. Dia terlihat anggun meski selalu dengan make up yang natural dan rambut sebahu yang menjadi signaturenya. 

LOS ANGELES, CA - NOVEMBER 01: Laura Wasserman (L) and California Attorney General Kamala Harris attend the 2014 LACMA Art + Film Gala honoring Barbara Kruger and Quentin Tarantino presented by Gucci at LACMA on November 1, 2014 in Los Angeles, California.   Rich Polk/Getty Images for LACMA/AFPFoto: AFP/Rich Polk
Kamala Harris  menghadiri 2014 LACMA Art + Film Gala 
(chs)

[Gambas:Video CNN]