Memperkirakan Harga Operasi Plastik di Amerika dan Korea

tim, CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2020 18:50 WIB
Bicara soal operasi plastik, selain  Amerika Serikat, negara tujuan utama operasi plastik yang populer adalah Korea Selatan dan Thailand. Berapa harganya? Bicara soal operasi plastik, selain Amerika Serikat, negara tujuan utama operasi plastik yang populer adalah Korea Selatan dan Thailand. Berapa harganya?(Istockphoto/STEFANOLUNARDI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus Djoko Tjandra menyeret nama Jaksa Pinangki Sirna Malasari. Ia terjerat kasus suap terkait dana korupsi pengalihan hak tagih Bank Bali. Pinangki diduga menerima dana sebesar Rp7 miliar. Rumor menyebut sang jaksa hidup bergelimang harta. Diberitakan oleh media lokal, ia disebut-sebut melakukan operasi plastik di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Bicara soal operasi plastik, alih-alih Amerika Serikat, saat ini negara tujuan utama operasi plastik yang populer adalah Korea Selatan dan Thailand.

Korea Selatan dikenal dengan wajah-wajah rupawan artis mereka dan tak jarang ada yang terbuka melakukan operasi plastik. Sedangkan Thailand juga menawarkan layanan operasi plastik dengan harga terjangkau.


Berapa kisaran biayanya operasi plastik?


1. Korea Selatan

Biaya operasi plastik di Korea Selatan relatif lebih murah daripada negara lain. Melansir dari laman Medical Tourism, berdasar data di 2019 operasi plastik di Korea Selatan lebih rendah dari Amerika Serikat. Sebagai contoh rhinoplasty alias operasi hidung di Korea Selatan 'hanya' menghabiskan US$3.980 sedangkan di AS mencapai US$6.500. Untuk face lift, di Korea Selatan dibanderol US$6.000, sedangkan di AS US$11.000.

Di Korea Selatan, biaya operasi plastik untuk orang asing bakal lebih tinggi daripada orang lokal. Melansir dari lama Charmfidence, alasan terbesarnya adalah kendala bahasa dan perbedaan budaya. Layanan lebih mahal karena selain biaya operasi ada pula biaya layanan penerjemah, konsultasi khusus untuk pasien mancanegara dan perawatan pascaoperasi. Namun Anda bisa membayar suatu agen yang akan menangani seluruh perjalanan operasi plastik.

Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea memberikan daftar harga berbagai prosedur operasi plastik khusus untuk pasien mancanegara. Daftar harga hanya sebagai gambaran karena mungkin akan ada perbedaan di antara satu rumah sakit dengan rumah sakit lain.

Dari daftar, semisal Anda ingin operasi kelopak mata akan dikenakan biaya mulai dari 1,2juta won atau hampir Rp15juta (1 won = Rp12,39) hingga 2,5juta won atau hampir Rp31juta.

2. Thailand

Meski praktik operasi plastik sangat lazim di Korea Selatan, jika ditilik dari segi harga Thailand mampu menawarkan biaya jauh lebih rendah. Melansir dari laman Medigence, untuk rhinoplasty, Anda 'hanya' dibanderol mulai dari US$500-US$1.200 atau sekitar Rp7juta - Rp16,8juta (US$1 = Rp14ribu).

Anda tidak bisa bahasa Thailand? Tak perlu khawatir sebab di sana para tenaga medis bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Selain itu rumah sakit maupun klinik layanan prosedur operasi plastik tersebar di Bangkok, Chiang Mai dan Phuket.

3. Amerika Serikat

Ketika bicara operasi plastik di AS, mungkin Anda membayangkan serial reality show 'Skin Decision: Before After' di Netflix. Di sini, Jamie Sherrill, pemilik label perawatan kecantikan dan Sheila Nazarian, dokter bedah plastik bekerja sama memperbaiki tampilan klien mereka. Nazarian ditampilkan mengoreksi bagian tubuh klien dan membuat mereka kembali percaya diri.

Rubber-gloved hands holding woman's face with dotted linesFoto: Istockphoto/Robert Daly
ilustrasi operasi plastik

Barangkali Anda bisa mewujudkan serial seperti ini di dunia nyata dengan melakukan operasi plastik di AS. Untuk urusan biaya, AS mengenakan biaya jauh lebih tinggi daripada Korea Selatan dan Thailand.

Melansir dari laman West Lake Dermatology, untuk rhinoplasty Anda akan dikenakan biaya berkisar US$7.525 atau sekitar Rp105,3juta. Kemudian untuk operasi kelopak mata dikenakan biaya US$4.675 atau sekitar Rp65,4juta. Tak hanya untuk biaya operasi, harga yang dipatok sudah mencakup biaya material (jika menggunakan implan), ruang operasi (staf dan alat), biaya anestesi, serta layanan pascaoperasi.

(els/chs)

[Gambas:Video CNN]