Airbnb Batasi Orang di Bawah 25 Tahun Pesan Properti

CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2020 17:20 WIB
Airbnb mulai menguji aturan baru ini di Inggris, Prancis, dan Spanyol pada Jumat (14/8). Ilustrasi. (Istockphoto/denisgo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Situs pemesanan tempat penginapan, Airbnb, mengatakan pada hari Jumat (14/8) bahwa pihaknya membatasi orang berusia di bawah 25 tahun yang bermukim di Inggris, Prancis, dan Spanyol untuk menyewa properti dalam platformnya demi mengurangi penyelenggaraan pesta liar dan memperketat protokol kesehatan.

Sejak tahun lalu, Airbnb mulai menerapkan aturan ketat terkait pemesanan tempat penginapan, karena sering terjadi penyelenggaraan pesta yang gaduh sehingga mengganggu tetangga di sebelah rumah yang disewakan.

Memasuki masa pandemi virus corona, aturan pemesanan semakin diperketat demi menghindari berlangsungnya kegiatan yang melanggar protokol kesehatan, seperti jarak fisik.


Airbnb bakal mulai menguji coba aturan baru ini di wilayah Inggris, Prancis, dan Spanyol.

Dalam aturan tersebut, mereka yang berusia di bawah 25 tahun dan tidak memiliki minimal tiga ulasan positif dilarang menyewa properti yang berdekatan dengan wilayah kediaman mereka.

Mereka yang memiliki setidaknya tiga ulasan positif dan tidak memiliki ulasan negatif di akunnya, atau yang menyewa dengan paket jangka panjang, tidak termasuk dalam aturan ini.

"Pembatasan tersebut bertujuan untuk melindungi komunitas lokal sambil tetap mengizinkan tamu yang lebih muda untuk memesan tempat di luar wilayah kediaman mereka," kata Airbnb dalam pernyataan resminya, seperti yang dikutip dari AFP.

Aturan yang sama sebelumnya telah diuji coba di Amerika Serikat dan Kanada.

Perusahaan yang berbasis di San Francisco, California, ini juga mengatakan telah melarang penyewaan properti untuk acara dalam jumlah banyak, demi menekan angka penyebaran virus COVID-19.

"Airbnb berkomitmen untuk menjadi mitra yang baik bagi komunitas dan pengumuman PADA hari ini mengikuti serangkaian tindakan yang diambil oleh platform untuk memberantas perilaku antisosial dan pesta tak berizin," kata perusahaan itu.

CNNIndonesia.com mencoba menghubungi perwakilan Airbnb di Indonesia terkait uji coba aturan ini di Tanah Air, namun hingga berita ini ditulis mereka belum memberikan tanggapannya.

(AFP/ard)

[Gambas:Video CNN]