Manfaat Punya Hewan Peliharaan untuk Kesehatan Mental

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 22/08/2020 16:35 WIB
Binatang peliharaan bisa jadi sumber kenyamanan dan motivasi pemilik untuk lebih sehat secara mental. Berikut manfaat memelihara hewan bagi kesehatan. Binatang peliharaan bisa jadi sumber kenyamanan dan motivasi pemilik untuk lebih sehat secara mental. Berikut manfaat memelihara hewan bagi kesehatan. (Foto: iStockphoto/Drazen Zigic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berinteraksi dengan binatang yang lucu dan menggemaskan bisa terasa menyenangkan. Namun, manfaat lebih pada kesehatan mental bisa kamu rasakan ketika merawatnya.

Binatang peliharaan, bisa anjing, kucing, ikan, maupun hewan populer lainnya, bisa jadi sumber kenyamanan dan motivasi bagi pemiliknya untuk memiliki kehidupan lebih sehat secara mental.

Berikut 5 manfaat punya hewan peliharaan, dilansir dari GrabHealth.


1. Mengusir kesepian

Binatang peliharaan bisa jadi sahabat kamu dalam kondisi apa pun dan berharga untuk jangka waktu yang lama. Misalnya, anjing yang dikenal sebagai hewan penyayang dan setia.

Kamu tak perlu khawatir kesepian lagi dan merasa tak punya dukungan. Meski mereka tak bisa bicara, tapi hewan peliharaan yang punya ikatan emosional kuat dengan pemilik bisa turut merasakan perasaanmu.

2. Mengurangi stres

Binatang peliharaan bisa mengurangi stres karena tingkah polahnya yang lucu. Hanya dengan melihatnya, membelai, duduk di samping, atau bermain trik dengan mereka juga membantumu untuk bersantai dan lebih rileks.

Bahkan melihat ikan cupang berenang sembari mengamati ekornya yang meliuk-liuk bisa menurunkan tekanan darah dan meredakan stres.

3. Meningkatkan kebugaran

Young athletic woman in cobra pose practicing Yoga with her dog at home.Ilustrasi bermain dan berolahraga bersama hewan peliharaan. (iStockphoto)

Jika kamu memelihara anjing, tentu mereka butuh berjalan dan berlarian secara teratur agar tak stres. Aktivitas ini tentu juga baik untuk kesehatan fisik dan mental pemiliknya yang lebih baik.

Kamu bisa menggunakan waktu luang untuk berjalan-jalan sambil bermain dengannya untuk meningkatkan kebugaran dan memaksimalkan waktu di luar rumah. Ini dapat jadi cara untuk meningkatkan relaksasi.

4. Mendorong bersosialisasi

Hewan peliharaan menciptakan peluang berinteraksi sosial lebih baik terutama jika kamu bergabung dalam klub pencinta binatang atau menghadiri acara pameran binatang.

Pergi ke acara pet-friendly, pantai, atau sekadar jogging di taman bisa membantu meningkatkan jejaring sosial kamu dengan orang-orang yang punya minat sama.

5. Memberikan rutinitas

Hewan peliharaan pasti butuh makan, mandi, perawatan, dan jalan-jalan agar tidak stres. Dengan demikian, kamu jadi punya tanggung jawab untuk merawat mereka.

Merawat hewan peliharaan selain sebagai tujuan dan motivasi hidup, juga bisa jadi hadiah bagi diri sendiri jika kamu berhasil merawatnya dengan baik, serta membuat dirimu sendiri merasa lebih berharga dan dibutuhkan.

Itulah 5 manfaat memelihara hewan bagi kesehatan mental. Jadi tak cuma kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu diperhatikan agar lebih bahagia.

Kamu bisa bertanya dan mulai konsultasi lebih lanjut seputar beragam masalah kesehatan dengan mitra dokter profesional di Good Doctor pada aplikasi GrabHealth secara gratis.

(fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK