6 Manfaat Pelihara Ikan Cupang yang Jarang Diketahui

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 30/07/2020 20:21 WIB
Kelebihan ikan cupang adalah sirip menjuntai indah dan warna-warni sehingga menyenangkan dilihat. Berikut manfaat pelihara ikan cupang yang jarang orang tahu. Kelebihan ikan cupang adalah sirip menjuntai indah dan warna-warni sehingga menyenangkan dilihat. Berikut manfaat pelihara ikan cupang yang jarang orang tahu. (Foto: istockphoto/CmErsoy)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menyalurkan hobi pelihara ikan seperti cupang disebut memberi beragam manfaat bagi kesehatan, di samping untuk mempercantik ruangan. Bahkan menurut Feng Shui, akuarium yang diletakkan di rumah dan dirawat dengan baik dapat menarik energi keberuntungan dan kekayaan.

Terlepas dari kepercayaan tersebut, ada bukti dari studi ilmiah yang menyebut bahwa terdapat manfaat pelihara ikan cupang di akuarium.

Daya tarik utama dan kelebihan ikan cupang adalah siripnya yang menjuntai indah dan berwarna-warni. Ketika berenang ia seakan menari mengikuti gerakan air. Ikan cupang termasuk hewan yang bergerak aktif sehingga sangat menyenangkan ketika dilihat.


Selain itu, perawatan ikan cupang cukup murah dan mudah, bahkan tak sulit bagi pemula yang baru saja mulai memeliharanya. Pemilik pun tak perlu memasang aerator di akuarium karena ikan cupang mampu menarik udara sendiri dari permukaan air.

Tidak mengherankan apabila ikan cupang menjadi hewan peliharaan paling populer selain kucing dan anjing. Beragam alasan tersebut menunjukkan bahwa ikan cupang merupakan pilihan yang baik sebagai hewan peliharaan.

Apabila masih ragu untuk memelihara atau membudidayakannya, berikut manfaat pelihara ikan cupang dilansir dari beberapa sumber.


1. Membasmi Jentik Nyamuk DBD

An Aedes Aegypti mosquito is photographed on human skin in a lab of the International Training and Medical Research Training Center (CIDEIM) on January 25, 2016, in Cali, Colombia. CIDEIM scientists are studying the genetics and biology of Aedes Aegypti mosquito which transmits the Zika, Chikungunya, Dengue and Yellow Fever viruses, to control their reproduction and resistance to insecticides. The Zika virus, a mosquito-borne disease suspected of causing serious birth defects, is expected to spread to all countries in the Americas except Canada and Chile, the World Health Organization said. AFP PHOTO/LUIS ROBAYO / AFP PHOTO / LUIS ROBAYOManfaat pelihara ikan cupang adalah membasmi jentik nyamuk DBD (Foto: AFP PHOTO/LUIS ROBAYO)

Jentik nyamuk penyebab aedes aegypti merupakan salah satu makanan ikan cupang. Keampuhan ikan cupang dalam memerangi DBD bukan sekadar isapan jempol belaka. Terbukti berdasarkan riset, ikan cupang lebih efektif menjadi predator alami jentik nyamuk daripada ikan guppy alias ikan cere.

Penelitian yang diterbitkan di Jurnal Sains Nasional Universitas Nusa Bangsa membandingkan daya predator antara ikan cupang dan ikan guppy. Hasilnya, ikan cupang memiliki daya makan paling banyak mencapai 89 ekor jentik dalam waktu enam jam. Sedangkan ikan guppy paling banyak hanya 47 ekor dalam waktu enam jam.

Ikan cupang dapat efektif memakan jentik-jentik apabila ditempatkan pada akuarium atau wadah penampungan air terbuka yang tidak ditutup.


2. Manfaat Pelihara Ikan Cupang untuk Mengurangi Stres

Manfaat pelihara ikan cupang yang utama adalah memberikan rasa tenang dan menyenangkan pada pemiliknya. Ikan yang masuk dalam kelas Actinopterygii atau ikan bersisip kipas ini juga serasa membawa nuansa alam ke dalam rumah.

Terbukti dengan meletakkan akuarium berisi ikan cupang dalam lingkungan dengan intensitas stres tinggi seperti kantor dapat menurunkan tingkat stres para karyawan. Bahkan bisa meningkatkan produktivitas pada karyawan dengan kadar stres yang rendah.

Efek suara aliran air, gelembung, gelombang laut yang ditaruh di akuarium dapat menambah sensasi tenang.

Studi yang dilakukan pada akhir 90-an telah membuktikan bahwa akuarium berisi ikan dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan, sebab manusia merupakan makhluk yang sangat bergantung pada air, sehingga dari bawah sadarnya akan merasa terhibur ketika berada di dekat air.


3. Menstabilkan Tekanan Darah

Beautiful yellow blue double tail Betta or Siamese fighting fish in action , Isolated on white background with clipping path.Manfaat pelihara ikan cupang adalah menstabilkan tekanan darah (Foto: iStockphoto/Mongkolchon Akesin)

Menurut studi, memandangi ikan cupang, guppy, siput, ikan neon, dan ikan lele hias (cory catfish) di akurium bisa mengurangi stres dan menstabilkan tekanan darah.

Bukti paling nyata adalah akuarium berisi ikan hias banyak ditemukan di ruang tunggu di restoran, rumah sakit, hingga tempat belanja. Warna-warni pada ikan hias termasuk ikan cupang dapat melepaskan hormon dopamin sehingga dapat meningkatkan suasana hati dan membuat perasaan senang.

Bahkan sebagian besar dokter dan psikolog merekomendasikan para pasien untuk memelihara ikan untuk menciptakan suasana lingkungan yang santai. Ikan cupang juga bermanfaat bagi para pasien serangan jantung untuk mengurangi tingkat stres, denyut jantung, dan tekanan darah.

Sebagaimana fungsi hewan peliharaan pada umumnya, kehadiran ikan cupang juga bisa menjadi teman ketika sedang seorang diri atau menjadi teman curhat, meski ikan tidak sepeka kucing atau anjing.


4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Melihat ikan cupang berwarna-warni dan berenang pada akuarium di kamar tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Ibarat dihipnosis, ini karena ikan memberi energi positif ke ruangan dan mengurangi stres menjelang tidur.

Manfaat pelihara ikan cupang ibarat juga dapat menghilangkan pikiran negatif, mengurangi gelisah, meningkatkan konsentrasi, dan memungkinkan Anda tidur lebih awal setiap malam.

5. Meningkatkan Produktivitas

Bright red pet beta fish in a bowl with live plantManfaat pelihara ikan cupang adalah meningkatkan konsentrasi dan produktivitas kerja (Foto: iStockphoto/Lisa5201)

Ikan cupang dapat membantu Anda lebih fokus dan berkonsentrasi karena tingkat stres menurun dan tekanan darah menjadi lebih stabil. Selain itu, ikan cupang dengan sirip dan ekor yang cantik menambah estetika di ruang kerja Anda yang turut memacu semangat dan produktivitas.

Untuk lebih mendapat daya tarik visual yang lebih, cobalah menambahkan tanaman air, kayu apung, pasir, maupun bebatuan dalam akuarium ikan cupang. Ini dapat memberi efek penyembuhan dan menenangkan yang luar biasa.


6. Mempercantik Rumah

Kehadiran akuarium dengan segala pernak-pernik dan ikan cupang yang berwarna akan mempercantik ornamen rumah.

Selain itu, rumah Anda tidak terlihat monoton dengan barang-barang seperti lemari, kursi, televisi, dan lainnya. Akuarium bisa menjadi pengalih perhatian Anda dari bosan dan stres akibat kebanyakan menonton televisi dan bermain gadget.


Itulah 6 manfaat pelihara ikan cupang di rumah. Selain memiliki tubuh yang cantik, ikan cupang juga memberikan perasaan tenang dan damai bagi siapa saja yang melihatnya. Perawatan ikan cupang juga relatif mudah, tidak memakan banyak ruang, dan tidak membuat banyak kekacauan karena tetap berada di akuarium.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]